Peningkatan Prestasi/Nilai Peserta Didik Topik Produktifitas Melalui Teknik Tes Unjuk Kerja
DOI:
https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p13-22Keywords:
Prestasi, Aktivitas peserta didik, Unjuk kerjaAbstract
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi/nilai peserta didik dalam menguasai mata pelajaran IPS topik produktifitas, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII E SMPN 33 Surabaya semester genap Tahun Pelajaran 2006 2007 yang berjumlah 38, dan obyek penelitiannya adalah nilai yang diperoleh setelah melakukan unjuk kerja. Prosedur yang dilakukan terbagi dalam bentuk siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis yang digunakan analisis deskriptif kualitatif. Hipotesis yang diajukan yaitu, teknik tes unjuk kerja dapat meningkatkan prestasi/nilai peserta didik dalam menguasai mata pelajaran IPS topik produktifitas di kelas VII E SMPN 33 Surabaya. Hasil analisis terhadap nilai siswa Siklus I rata-rata 72,95. Siklus II rata-rata 79,21. Nilai peserta didik setelah mengalami 2 siklus tetap tinggi, walaupun dilakukan perubahan spesialisasi kerja, serta merubah skor dari hasil produksi dibagi 2 menjadi dibagi 4 pada putaran 3 siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, melalui teknik tes unjuk kerja dapat meningkatkan prestasi/nilai peserta didik sehingga hipotesa dapat diterima.
Abstract
Namely hearts Interest Research singer to review increasing Achievement / Value Learners hearts Mastering Lessons eyes IPS Topics productivity, determine the factors affecting the implementation. Research operates Singer is a Class Action Research. The subject of his research is Learners Class VII E SMPN 33 Surabaya semester of Academic Year 2006-2007 evens That amounted to 38, and the object of research is a Value That TIN taxable income do performance. The procedure is performed divided hearts Shape CYCLES CYCLE I and II, EACH CYCLE consists differences Planning, Implementation action, observation and reflection. The analysis used descriptive qualitative analysis. The hypothesis put forward is, ENGINEERING performance tests can be improve Achievement / Value Learners hearts Mastering Lessons eyes IPS Topics productivity in Class VII E SMPN 33 Surabaya. The results of the analysis I CYCLE Students Against Value Average 72.95. CYCLE II average of 79.21. Value Learners taxable income experienced a 2 CYCLE Remains High, although the changes do work specialization, as well as change SCORES Of Production divided by 2 Become divided 4 Round 3 ON CYCLE II. Based on the study findings singer, through techniques of performance tests can be improve Achievement / Value Learners so that the hypothesis can be accepted.
References
Idris, Zahara & JamaL, Lisma. 1992. Pengantar Pendidikan I. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Kardiman, dkk. 2006. Ekonomi Dunia Keseharian Kita I. Bogor: Yudhistira
Kosim. 2000. Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi SLTP I. Bandung: Grafindo Media Pratama
Kunandar. 2007, Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
National Council on Economics Education. 2003. Economics in Actions. New York, New York, AS (Penerjemah: UNESA, Photocopian). Makalah disajikan pada temu muka MGMP Pengetahuan Sosial-Ekonomi di SMPN 2 Surabaya, 2006
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 200 T.Th. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Cemerlang
Subroto, Wahyuni. 2004. Pengetahuan Sosial Ekonomi I. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Suryadi, Ace. September 1993. Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Udin Saefudin Saud, 2008, Inovasi pendidikan, Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.