Peningkatan Prestasi/Nilai Peserta Didik Topik Produktifitas Melalui Teknik Tes Unjuk Kerja
DOI:
https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p13-22Keywords:
Prestasi, Aktivitas peserta didik, Unjuk kerjaAbstract
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi/nilai peserta didik dalam menguasai mata pelajaran IPS topik produktifitas, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII E SMPN 33 Surabaya semester genap Tahun Pelajaran 2006 2007 yang berjumlah 38, dan obyek penelitiannya adalah nilai yang diperoleh setelah melakukan unjuk kerja. Prosedur yang dilakukan terbagi dalam bentuk siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis yang digunakan analisis deskriptif kualitatif. Hipotesis yang diajukan yaitu, teknik tes unjuk kerja dapat meningkatkan prestasi/nilai peserta didik dalam menguasai mata pelajaran IPS topik produktifitas di kelas VII E SMPN 33 Surabaya. Hasil analisis terhadap nilai siswa Siklus I rata-rata 72,95. Siklus II rata-rata 79,21. Nilai peserta didik setelah mengalami 2 siklus tetap tinggi, walaupun dilakukan perubahan spesialisasi kerja, serta merubah skor dari hasil produksi dibagi 2 menjadi dibagi 4 pada putaran 3 siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, melalui teknik tes unjuk kerja dapat meningkatkan prestasi/nilai peserta didik sehingga hipotesa dapat diterima.
Abstract
Namely hearts Interest Research singer to review increasing Achievement / Value Learners hearts Mastering Lessons eyes IPS Topics productivity, determine the factors affecting the implementation. Research operates Singer is a Class Action Research. The subject of his research is Learners Class VII E SMPN 33 Surabaya semester of Academic Year 2006-2007 evens That amounted to 38, and the object of research is a Value That TIN taxable income do performance. The procedure is performed divided hearts Shape CYCLES CYCLE I and II, EACH CYCLE consists differences Planning, Implementation action, observation and reflection. The analysis used descriptive qualitative analysis. The hypothesis put forward is, ENGINEERING performance tests can be improve Achievement / Value Learners hearts Mastering Lessons eyes IPS Topics productivity in Class VII E SMPN 33 Surabaya. The results of the analysis I CYCLE Students Against Value Average 72.95. CYCLE II average of 79.21. Value Learners taxable income experienced a 2 CYCLE Remains High, although the changes do work specialization, as well as change SCORES Of Production divided by 2 Become divided 4 Round 3 ON CYCLE II. Based on the study findings singer, through techniques of performance tests can be improve Achievement / Value Learners so that the hypothesis can be accepted.
References
Depdikbud. Direktorat Jendral; Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jendral Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis. Sistem Penilaian Proses Berbasis Kelas. Makalah disajikan pada workshop kolaborasi pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). (Photocopian). Wisma Guru, Surabaya, 17 sd 19 Pebruari 2007. Jakarta: Proyek peningkatan mutu tenaga kependidikan Dikdasmen.
Idris, Zahara & JamaL, Lisma. 1992. Pengantar Pendidikan I. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Kardiman, dkk. 2006. Ekonomi Dunia Keseharian Kita I. Bogor: Yudhistira
Kosim. 2000. Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi SLTP I. Bandung: Grafindo Media Pratama
Kunandar. 2007, Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
National Council on Economics Education. 2003. Economics in Actions. New York, New York, AS (Penerjemah: UNESA, Photocopian). Makalah disajikan pada temu muka MGMP Pengetahuan Sosial-Ekonomi di SMPN 2 Surabaya, 2006
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 200 T.Th. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Cemerlang
Subroto, Wahyuni. 2004. Pengetahuan Sosial Ekonomi I. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Suryadi, Ace. September 1993. Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Udin Saefudin Saud, 2008, Inovasi pendidikan, Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

