Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Rancang Bangun Jaringan

Authors

  • Hafizd Rizky Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Hakkun Elmunsyah Universitas Negeri Malang
  • Muladi Muladi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85

Keywords:

Model project based learning, model think pair share, kemandirian, hasilbelajar, modul

Abstract

Salah  satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah penggunaan model pembelajaran terapan yang tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar Designing Network menggunakan model Project Based Learning dan modul digital seminar Think Pair Share padasiswakelas XI TKJ di SMKN 3 Malang. Metodepenelitianinimenggunakan Quasi Experiment dengan Post-Test Only Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi independensi dan ketermapilan, serta pertanyaan postest dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 34 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam kemandirian siswa dengan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) = 0,003. Namun, tidak ada perbedaan  yang signifikan dalam hasil belajar dari domain pengetahuan Sig. (2-tailed) = 0,577 dan Sig keterampilan siswa. (2-tailed) = 0,431.

Abstract

One of the factors causing low student learning outcomes is the use of applied learning model is not optimal. The purpose of this research is to know the difference of self-reliance and learning result of Designing Network using model of Project Based Learning and Think Pair Share digital seminar module in student class XI TKJ in SMKN 3 Malang. This research method uses Quasi Experiment with Post-Test Only Design. The instrument used is the observation sheet of independence and ketermapilan, as well as posttest questions in the form of multiple choice with the number 34 questions. The results showed that there was a significant difference in student self-reliance with significance value of Sig. (2-tailed) = 0.003. However, there is no significant difference in the learning outcomes of the Sig knowledge domain. (2-tailed) = 0.577 and Sig student skills. (2-tailed) = 0.43.

References

Agustinawati, N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMAN 7 Cirebon. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(2), 17.

Anggraini, S. (2017). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Think Pair Share Berbantuan Modul Digital Interaktif terhadap Rata-Rata Kemandirian dan Hasil Belajar Pemrograman Web Pada Siswa Kelas X TKJ di SMKN 11 Malang. SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro-Fakultas Teknik UM.

Falina, S. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) DibandingkanDengan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) PengaruhnyaTerhadapKreativitas Dan HasilBelajarPemrograman Web PadaSiswaKelas X TKJ SMKN 2 Turen. SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro-Fakultas Teknik UM.

Fitriani, L., & Honggowiyono, P. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Sistem Komputer Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Dan Think Pair Square Di Smk Negeri 2 Malang. TEKNO, 23(1).

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2003). Models of teaching.
Leviathan, T. (2008). Innovative Teaching and Assessment Method: And Project Based Learning. Mathematics Education Research Journal, volume 10(, 105 Ì… 116.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

NURFADMI, R. P. (2015). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan SMKN 1 Blitar. SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro-Fakultas Teknik UM.
Saputro, Y. F. A. (2015). Perbedaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Direct Instruction (DI) terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Siswa Kelas X Program Keahlian TKI di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro-Fakultas Teknik UM.

Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: bumi aksara.

Downloads

Published

2018-11-16

How to Cite

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Rancang Bangun Jaringan. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 3(2), 80–85. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85
Abstract views: 4316 , PDF Downloads: 3319 , PDF Downloads: 0