Hubungan Pengetahuan Pedagogik Mahasiswa dan Keteladanan Guru Saat Kajian Praktik Lapangan dengan Persepsi Berkarir Sebagai Guru Bagi Mahasiswa Prodi S1 PTI UM

Authors

  • Fitriyah Fitriyah Universitas Negeri Malang
  • Setiadi Cahyono Putro Universitas Negeri Malang
  • Triyanna Widiyaningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p74-79

Keywords:

pengetahuan pedagogik, keteladanan guru, persepsi berkarir sebagai guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap hubungan antara pengetahuan pedagogik mahasiswa (X1), keteladanan guru saat Kajian Praktik Lapangan (KPL) (X2) dengan persepsi berkarir  sebagai guru (Y). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S1 PTI FT UM angkatan 2014 yang telah menempuh matakuliah kependidikan dan melaksanakan KPL sejumlah 130 responden. Teknik pengumpulan data variabel X2 dan Y pada penelitian menggunakan angket dan variabel X1 menggunakan dokumentasi Data Nilai Akhir (DNA). Hasil data angket yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas yang didapatkan dari skor nilai angket yang diisi oleh responden. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasional parsial dan regresi linier. Dari hasil penelitian didapat persamaan regresi Y = -1,010 + 0,565 X1 + 1,174 Xdengan signifikan sebesar 0,000 yang artinya ada hubungan positif dan signifikan antara X1, X2 dengan Y secara simultan.

The purpose of this research was to reveal the significance of the relationship between studendt knowledge of pedagogic (X1) and teachers exemplary when field practice review (X2), with perception of career as a teacher (Y). This research uses descriptive correlational research design. The sampel of this research is student of S1 PTI FT UM 2014 who has pursued pedagogic knowledge courses and conducts field practice studies a number of 130 respondents. In conducting this research the writer collects the data variable X2 and Y by using the questionnaries and variable X1 by using documentation of DNA. The result of the data that have tasted the validity and reliability which is obtained from the questionnaire scores filled by the respondents. Data analysis technique uses partial correlation analysis and liniar regression. From the research result are obtained the regression equation Y = -1,010 + 0,565 X1 + 1,174 X2 with a significance of 0,000 which means there is a positive and significant relationship between X1, X2, with Y simultaneously.

References

Danim, S. (2002). Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan: Pustaka Setia.

Hurriyati, R. (2016). Kualitas Guru Kita. Diambil pada, 10.

Indonesia, U.-U. R. (2005). No. 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen Daftar Pustaka.

Isa, M. Kamal. Khashaish Madrasatin Nubuwwa diterjemahkan oleh Chairul Halim dengan judul Manajemen Pendidikan Islam. Cet. I.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E., & Mukhlis. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah, R. No. 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan.

Putro, S. C. (2016). Pengetahuan Pedagogik Dan Keteknikan Sebagai Prediktor Kemampuan Adaptasi Calon Guru Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro FT UM. Teknologi dan Kejuruan, 39(1).

Rosyidha, M., Putro, S. C., & Rahmawati, Y. (2015). Pengaruh Keteladanan Dosen Dan Pengetahuan Pedagogik Terhadap Situational Awareness Mahasiswa Calon Guru Jurusan Teknik Elektro. Teknologi dan Kejuruan, 38(2).

Suyono, H. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Walgito, B., & Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum: Andi.

Zakaria, I. (2016). Penanaman Sikap Sopan Santun Melalui Keteladanan Guru Di Smp Negeri 1 Buduran Kabupaten SidoarjO. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(4).

Zulyan, S. V., Pitoewas, B., & Adha, M. M. (2014). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Sikap Belajar Peserta Didik. Jurnal Kultur Demokrasi, 2(2).

Downloads

Published

2018-11-16

How to Cite

Fitriyah, F., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2018). Hubungan Pengetahuan Pedagogik Mahasiswa dan Keteladanan Guru Saat Kajian Praktik Lapangan dengan Persepsi Berkarir Sebagai Guru Bagi Mahasiswa Prodi S1 PTI UM. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 3(2), 74–79. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p74-79
Abstract views: 794 , PDF Downloads: 437