Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X di Sebuah SMA Swasta di Karanganyar

Authors

  • As Syaffa Al Liina Sebelas Maret University
  • Dewi Ekaputri Pitorini Universitas Sebelas Maret
  • Safina Salma Universitas Sebelas Maret
  • Salis Khoirun Nisa Universitas Sebelas Maret
  • Baskoro Adi Prayitno Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p68-73

Keywords:

Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Fotosintesis, Respirasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa kelas X di sebuah SMA Swasta di Karanganyar pada materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA kelas X MIA. Teknik sampling menggunakan purposive random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa. Miskonsepsi diukur menggunakan tes pilihan ganda Science & Plant For School yang disertai Certainty of Response Index (CRI) pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan sebesar 41,6%, siswa yang tahu konsep sebesar 38% dan siswa yang tidak tahu konsep sebesar 20,4%.

 

Abstract

This study aims to determine the profile misconception of class X students in a private high school in Karanganyar of photosynthesis and plant respiration material. This study used survey meta-analysis. The study population is all high school students of X class MIA. The sampling technique uses purposive random sampling with the number of samples as much as 25Student. Misconceptions measured were measured using the Science & Plant For School multiple-choice test accompanied by the Certainty of Response Index (CRI) on the concept of photosynthesis and plant respiration. Data analysis used quantitative descriptive analysis. The results showed that the percentage of students who experienced misconceptions on the concept of photosynthesis and plant respiration 41.6%, students who know the concept of 38% and students who do not know the concept of 20.4%.

References

Ariandini, Anggraeni, & Aryani. (2013a). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep Fotosintesis melalui Analisis Gambar. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 178184.

Ariandini, D., Anggraeni, S., & Aryani, A. (2013b). Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP pada Konsep Fotosintesis melalui Analisis Gambar. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 178184.

Association, N. S. T. (2013). Buku Pedoman Guru Biologi. Jakarta Barat (Vol. 4).

Chaniarosi, L. F. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Guru Biologi SMA Kelas XI IPA pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal EduBio Tropika, 2(1998), 187191.

Hakim, A. (2012). Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolies Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Education Sciences, 4(3), 43.

Hasan, S. (1999). Misconception and The Certainty of Response Index (CRI).

Hopkins, & Huner. (2008). Introduction to Plant Physiology (4th ed.). USA: John Wiley and Sons Inc.

Ita Viana Dwi, Y. S. R., & Erman. (2013). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Fotosintesis. Pendidikan Sains E-Pensa, 1(2), 2129.

Januarko, W., & Setiawati, D. (2013). Studi tentang Penanganan Korban Bullying pada Siswa SMP Se- Kecamatan Trawas. Jurnal BK UNESA, 4(2), 383389.

Köse, S. (2008). Diagnosing Student Misconceptions: Using Drawings as a Research Method. World Applied Sciences Journal, 3(2), 283293. Retrieved from http://idosi.org/wasj/wasj3(2)/20.pdf

Levetin, & McMahon. (2008). Plants and Society (5th ed.). Boston: McGraw-Hill Higher Education.

Mustaqim, T. A., Zulfiani, & Herlanti, Y. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) pada Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Edusains, 6(2), 146152.

Pertamawati. (2010). Pengaruh Fotosintesis terhadap Pertumbuhan Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.) dalam dalam Lingkungan Fotoautotrof secara In Vitro. Sains Dan Teknologi Indonesia, 12(1).

Pukan, A. N. F. K. K., & Marianti, A. (2017). Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Regulasi pada Siswa Kelas XI SMA Kota Semarang. Journal of Biology Education, 5(024), 34.

Rahmatan, H., & Liliasari. (2013). Pengetahuan Awal Calon Guru Biologi tentang Konsep Katabolisme Karbohidrat (Respirasi Seluler). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 203208. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4179

Rahmawati, Y., Prayitno, B. A., & Indrowati, M. (2013). Studi Komparasi Tingkat Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran Biologi melalui Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick dan Konstruktivis-Kolaboratif. In Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Samiha, Y. T., Agusta, E., & Rolahnoviza, G. (2015). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Pendopo. Bioilmi, 3(1), 3846.

Science & Plants for School. (2018). Photosynthesis Quiz¯: Test Your Knowledge. Retrieved from http://www.saps.org.uk/secondary/teaching-resources/1223-photosynthesis-quiz-test-your-knowledge

Suhermiati, I., Indana, S., & Rahayu, Y. S. (2015). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Sintesis Protein Ditinjau dari Hasil Belajar Biologi Siswa. Bioedu, 4(3), 985990.

Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Sumarni, W. (2010). Penerapan Learning Cycle Approach sebagai Upaya Meminimalisasi Miskonsepsi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), 27(2).

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo

Downloads

Published

2018-11-16

How to Cite

Liina, A. S. A., Pitorini, D. E., Salma, S., Nisa, S. K., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X di Sebuah SMA Swasta di Karanganyar. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 3(2), 68–73. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p68-73
Abstract views: 1999 , PDF Downloads: 5598