Korelasi Pemahaman Keteknikan dan Kebermaknaan Praktikum dengan Literasi Keguruan Teknik Mahasiswa PTE UM

Authors

  • Miftahul Huda State university of Malang
  • Setiadi Cahyono Putro Universitas Negeri Malang
  • Dwi Prihanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p104-112

Keywords:

literasi, keguruan, keteknikan, kebermaknaan, praktikum

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan secara simultan antara pemahaman keteknikan (X1)dan kebermaknaan praktikum (X2) dengan literasi keguruan teknik (Y). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional yang bersifat ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTE FT UM angkatan 2014 sejumlah 113 mahasiswa. Data tingkat pemahaman keteknikan adalah daftar nilai akhir (data sekunder), sedangkan data tingkat kebermaknaan praktikum diungkap dengan angket yang reliabilitasnya 0,728 (alpha cronbachs) dan data literasi keguruan teknik juga diungkap dengan angket yang reliabilitasnya 0,935 (alpha cronbachs). Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi ganda. Dari uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara tingkat pemahaman keteknikan dan tingkat kebermaknaan praktikum dengan literasi keguruan teknik.

 

Abstract

The aims of this study is to know the correlation simultaneously between the understanding of engineering (X1) and the practical significance (X2) with engineering teacher training literacy (Y). This study uses descriptive correlation study design which is ex post facto. Subject in this study is S1 students of PTE FT UM 2014 generation with number of 113 students. The data of engineering understanding is the list of final score (secondary data), while the data of practicum significance is revealed with the questionnaire which reliability 0,728 (alpha Cronbach) and engineering literacy data is also revealed with questionnaire which reliability 0,935 (alpha Cronbach). The analysis used is multiple regression analysis. From the hypothesis test that has been done can be concluded that there is a positive and significant correlation simultaneously between the understanding of engineering and the practical significance with engineering teacher training literacy.

References

(OECD), O. for E. C. and D. (2016). PISA 2015 results in focus.
Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (1991). Psikologi belajar. Rineka Cipta.

Alawiyah, F. (2016). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi, 4(1), 6574.

Arif, M. S. (2014). Organisasi dan manajemen.

Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyati, E. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Matematika Dan IPA, 1(2), 111.

Gibson, R. L., Santoso, Y., & Mitchell, M. H. (2010). Bimbingan dan konseling. Pustaka Pelajar.

Handoko, T. H. (1985). Manajemen personalia dan sumberdaya manusia. Penerbit Liberty.

Indonesia, K. B. B. (2005). Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mariyam, S., Lestari, R., & Afniyanti, E. (2015). Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Kuntodarussalam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Biologi, 1(1).

Muthiah, R. (2014). A Study On The Remediation Of Disorders In The Speaking Ability Of The Slow Learners In VI Standard Taught Under Activity Centred Teaching Of English. IOSR Journal of Research & Method in Education, 4(6), 19.

nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Bandung: bumi aksara.

Putro, S. C. (2016). PENGETAHUAN PEDAGOGIK DAN KETEKNIKAN SEBAGAI PREDIKTOR KEMAMPUAN ADAPTASI CALON GURU PADA MAHASISWA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FT UM. Teknologi Dan Kejuruan, 39(1).

Rahayu, T. (2016). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah.

Rahmawati, G., & Suprihatiningrum, J. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap nilai kerjasama dan hasil belajar kognitif kimia siswa kelas X SMAN 1 Bambanglipuro Bantul. Jurnal Kaunia, 10(2), 128140.

Sari, M. I. (2016). Pemetaan Kemampuan Literasi Mahasiswa Tingkat Awal Universitas Negeri Malang. SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia-Fakultas Sastra UM.

Setiarini, S. (2016). THE USE OF LITERACY-INSTRUCTIONAL CATEGORY TO IMPROVE STUDENTSREADING COMPREHENSION. Vision: Journal for Language and Foreign Language Learning, 5(1), 149168.

Sopiatin, P. (2010). Manajemen belajar berbasis kepuasan siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudirman, M., & Sucitra, A. (2010). Perilaku Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA dalam Kegiatan Praktikum pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka di UPBJJ-UT Bandung Masa Registrasi 2010.1.

Downloads

Published

2018-11-16

How to Cite

Huda, M., Putro, S. C., & Prihanto, D. (2018). Korelasi Pemahaman Keteknikan dan Kebermaknaan Praktikum dengan Literasi Keguruan Teknik Mahasiswa PTE UM. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 3(2), 104–112. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p104-112
Abstract views: 602 , PDF Downloads: 335 , PDF Downloads: 0