Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru

Authors

  • Caraka Putra Bhakti Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Ika Maryani Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p98-106

Keywords:

kompetensi pedagogik, calon guru, LPTK

Abstract

Abstrak

Kemajuan suatu bangsa bergantung pada kualitas sumber daya manusianya. Kualitas sumber daya manusia dihasilkan oleh pendidikan yang berkualitas, Menghasilkan pendidikan berkualitas, guru menjadi faktor kunci keberhasilan. Guru merupakan  faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) mengemban tugas menyiapkan guru profesional, pendidik generasi bangsa masa depan. Guru merupakan jabatan profesional yang memberikan layanan ahli dan menuntut persyaratan kemampuan akademik, pedagogis, sosial, maupun profesional. Hasil uji kompetensi guru  pada tahun 2015 menunjukkan kompetensi pedagogis guru rendah menempatkan LPTK sebagai lembaga yang paling bertanggungjawab dengan rendahnya kompetensi yang dimiliki. Diketahui bersama, bahwa guru merupakan produk LPTK, sehingga LPTK adalah lembaga yang lebih bertanggungjawab dengan kondisi tersebut. Masalah ini perlu dijadikan bahan evaluasi bagi LPTK dalam meningkatkan kualitas calon guru. Adapun beberapa rekomendasi perbaikan mutu LPTK adalah 1) perbaikan kurikulum LPTK berbasis KKNI dan SNPT, 2) penguatan sistem pembelajaran yang efektif, 3) Pengembangan model pembelajaran berbasis student center learning, 4) penguatan program magang kependidikan, 5) penguatan pada mata kuliah dasar kependidikan, dan 6) Pengembangan mutu LPTK.                                                                                                                              

Abstract

The progress of a nation depends on the quality of human resources. The quality of human resources generated by education quality, Produce quality education, the teacher becomes a factor the key to success. Teachers are the critical success factors education. Education Workforce Education Institutions (LPTK) the task of preparing professional teachers, educators generation the nation's future. The teacher is a professional position which gives expert services and demanding requirements of academic skills, pedagogical, socially, and professionally. Test results of competence of teachers in 2015 pedagogical competence of teachers showed low as placing LPTK the institutions most responsible for the lack of competence owned. Known, that the teacher is a product LPTK, so LPTK is more responsible institution with the condition. This issue needs to be used as an evaluation for LPTK in improving the quality of teacher candidates. As for some of the recommendations LPTK quality improvement are 1) improvement of curriculum-based LPTK KKNI and SNPT, 2) strengthening effective learning system, 3) Development of a model-based learning student learning center, 4) strengthening educational internship program, 5) strengthening the courses basic education, and 6) Development LPTK quality.

References

Syahruddin, dkk. Teachers Pedagogical Competence in School-Based Management: A Case Study in a Public Secondary School at Pare-Pare, Indonesia. Journal of Education and Learning, Vol. 7 (4), pp. 213-218. .2013.

Ahmad and Setyaningsih. Teacher Professionalism: A Study on Teachers Professional and Pedagogic Competence at Junior, Senior, and Vocational High Schools in Banyumas Regency, Central Java, Indonesia. In Sosiohumanika, Jurnal Pendidikan sain sosial dan Kemanusiaan , Vol.5, No.1. 2012.

Caraka Putra Bhakti, dkk. Kemampuan Komunikasi Pedagogik Guru SMA Di Maluku Utara. Prosiding œThe 6th International Conference on Educational, Management, Administration and Leadership (6th ICEMAL 2016). Bandung : 28 Agustus 2016.

Azhar. 2009. Kondisi LPTK sebagai pencetak guru yang profesional. JURNAL TABULARASA PPS UNIMED Vol.6 No.1, Juni 2009.

Azhar. 2011. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Paradigma Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada LPTK. Vol.8 No.1 Juni 2011.

Denise Vaillant (2013), "Teacher Education Programmes: Learning From Worldwide Inspiring Experiences". Journal Of Supranational Policies Of Education,. Volume 02, NO. 1, www.jospoe-gipes.com

Endrotomo, 2013.Model - Model Pembelajaran Student Centered Learning. Makalah. Disampaikan pada Workshop Kurikulum Pendidikan Tinggi di Universitas Ahmad Dahlan, 27 November 2013

Harsono. 2008. Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi. Vol. 3. No.1. Maret 2008. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia

Intan, Ahmad.2016. Arah & Kebijakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi : Kurikulum dan Sistem Pembelajaran LPTK. Makalah Disampaikan di Konferensi Nasional Pendidikan (KONASPI) ke VIII di Universitas Negeri Jakarta. 14 Oktober 2016

Kemendikbud, 2016. 7 Provinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/01/7-provinsi-raih-nilai-terbaik-uji-kompetensi-guru-2015

Mulyasa, E. (2005). Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru
Peraturan Presiden Nomor 8 tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Rose, Colin dan Maclom J.Nicholl. 2002. Accelerated Learning For The 21st Century. Bandung : Penerbit Nuansa.

Sailaja Chennat, 2014, "Internship In Pre-Service Teacher Education Programme: A Global Perspective". Australian Journal of Teacher Education. Volume 15, No. 1, www.impactjournals.us.

Saleha Parveen, 2012, " Internship Program in Education: Effectiveness, Problems and Prospects". International Journal of Learning & Development. Volume 2, No. 1, http://dx.doi.org/10.5296/ijld.v2i1.1471

Totok Bintoro.2014. Pengembangan Kurikulum LPTK & Kaitannya Dengan KKNI. Makalah. Disampaikan pada Lokakarya Disain Kurikulum LPTK Berkelanjutan PPG dengan Mengacu KKNI di Universitas Muhammadiyah Surakarta, 10 April 2014
Winarno Surakhmad, dkk. 2003. Mengurai Benang Kusut Pendidikan.Jakarta:Transformasi.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Downloads

Published

2017-01-15

How to Cite

Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2017). Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 1(2), 98–106. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p98-106
Abstract views: 8664 , PDF Downloads: 4132