Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p1-6Keywords:
Pembelajaran Problem Solving, Model Polya, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa pada kelompok yang menerapkan pembelajaran Problem Solving Model Polya dan kelompok yang menerapkan model konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Nonequivalent Control Group. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh hasil t hitung < t tabel (5,415 > 1,671) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Maka dari itu menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan memecahkan masalah matematika mahasiswa antara kelompok yang menggunakan pembelajaran Problem Solving Model Polya dengan kelompok yang menggunakan model konvensional.
References
Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 1(1), 66-72.
Kurniasari, Dwijanto, Soedjoko (2014). Keefektifan Model Pembelajaran MMP denganlangkah Pemecahan Masala Polya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa kelas-vii. Unnes Journal of Mathematics Education http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme. 145 150
Krulik, Stephen dan Rudnick, Jesse A. (1995). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Boston : Temple University.
Karatas, I., & Baki, A. (2013). The effect of learning environments based on problem solving on students' achievements of problem solving. International Electronic Journal of Elementary Education, 5(3), 249.
Lidinillah, D. A. M. (2011). Heuristik dalam Pemecahan Masalah Matematika dan Pembelajarannya di Sekolah Dasar. Jurnal Elektronik. Universitas Pendidikan Indonesia.
Polya, G. 1973. How To Solve it: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey, USA: Pricenton University Press
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BAGI SISWA KELAS 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.
Sari Kusuma Dewi, Suarjana, Md. Sumantri. J. (2014). Penerapan Model Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Siswa kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD., 2(1). Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Simpol, N. S. H., Shahrill, M., Li, H. C., & Prahmana, R. C. I. (2017, December). Implementing thinking aloud pair and Pólya problem solving strategies in fractions. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 943, No. 1, p. 012013). IOP Publishing.
Sri Adi Widodo. ANALISIS KESALAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46, Nomor 2, Juli 2013, hlm.106-113108
Sunandar, M. A., Zaenuri, Z., & Dwidayati, N. K. (2018). Mathematical Mathematical Problem Solving Ability Of Vocational School Students On Problem Based Learning Model Nuanced Ethnomatematics Reviewed From Adversity Quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 1-8.
Vilianti, Y. C., Pratama, F. W., & Mampouw, H. L. (2017). Description of The Ability of Social Arithedical Stories by Study Problems by Students VIII SMP Reviewed from The Polya Stage. International Journal of Active Learning, 3(1), 23-32.
Wilson. 1993. Mathematical Problem Solving. New York: Macmilan Publishing Company.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section


