MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH INKLUSIF SELAMA MASA PANDEMI

Authors

  • Muhammad Nurul Ashar (Scopus ID: 56964142200), Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sujarwanto Sujarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p130-136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman guru di sekolah inklusif dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran untuk peserta didik berkebutuhan khusus selama masa pandemi Covid-19. Penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui survei. Sampel dipilih secara purposive sejumlah seratus guru di sekolah inklusif di Indonesia. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif melalui persentase dengan bantuan SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan hampir 90% guru melaksanakan perencanaan pembelajaran meskipun tidak membuat panduan pembelajaran daring. Namun dalam pelaksanaanya lebih dari 50% guru dapat melaksanakan pembelajaran daring secara optimal dengan bantuan teknologi. Hal serupa juga terjadi dalam proses evaluasi pembelajaran yakni lebih dari 60% guru dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan optimal dengan melibatkan penggunaan teknologi. Hasil penelitian ini menunjukkan perlunya dukungan bagi guru di sekolah inklusif untuk menyusun perencanaan pembelajaran. Lebih lanjut, penggunaan teknologi untuk mendukung pemb

Author Biographies

Muhammad Nurul Ashar, (Scopus ID: 56964142200), Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

SINTA ID: 6757701

Google Scholar ID: 0TdPcB8AAAAJ

Scopus ID: 56964142200

Sujarwanto Sujarwanto, Universitas Negeri Surabaya

Special Education Department, Faculty of Education, Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Ashar, M. N., & Sujarwanto, S. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH INKLUSIF SELAMA MASA PANDEMI. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 6(2), 130–136. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p130-136
Abstract views: 144 , PDF Downloads: 131