KEEFEKTIFAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODEL PjBL-STEAM PADA MATERI LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jp.v6n1.p75-81Keywords:
perangkat pembelajaran, model PjBL-STEAM, literasi lingkunganAbstract
Kajian efektivitas perangkat pembelajaran daring berupa RPP, LKPD dan instrumen penilaian yang dikembangkan menggunakan model PjBL terintegrasi STEAM pada bahan ajar lingkungan dalam meningkatkan literasi lingkungan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan perangkat. Pengembangan perangkat dilakukan dengan metode Research and Development menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian lembar validasi oleh validator, lembar observasi selama pembelajaran oleh guru biologi, angket respon oleh guru biologi, dan angket respon oleh siswa di SMA N 5 Semarang, serta tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran yang diukur tingkat efektifitasnya memiliki analisis kevalidan dan kepraktisan yang “baik” berdasarkan uji validator, lembar observasi, dan angket respon yang diisi oleh guru serta siswa. Hasil penelitian didapatkan nilai tes belajar sebesar 70% yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki keefektifan “baik”.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

