KEEFEKTIFAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODEL PjBL-STEAM PADA MATERI LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN

Authors

  • Shela Delfia Ramadhana UIN Walisongo
  • Bunga Ihda Norra UIN Walisongo
  • Nisa Rasyida UIN Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v6n1.p75-81

Keywords:

perangkat pembelajaran, model PjBL-STEAM, literasi lingkungan

Abstract

Kajian efektivitas perangkat pembelajaran daring berupa RPP, LKPD dan instrumen penilaian yang dikembangkan menggunakan model PjBL terintegrasi STEAM pada bahan ajar lingkungan dalam meningkatkan literasi lingkungan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan perangkat. Pengembangan perangkat dilakukan dengan metode Research and Development menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian lembar validasi oleh validator, lembar observasi selama pembelajaran oleh guru biologi, angket respon oleh guru biologi, dan angket respon oleh siswa di SMA N 5 Semarang, serta tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran yang diukur tingkat efektifitasnya memiliki analisis kevalidan dan kepraktisan yang “baik” berdasarkan uji validator, lembar observasi, dan angket respon yang diisi oleh guru serta siswa. Hasil penelitian didapatkan nilai tes belajar sebesar 70% yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki keefektifan “baik”.

References

<p>Alfin, J. (2018). Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. <em>PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia</em>.</p><p>Assidiqi, M. H. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. <em>Seminar Nasional Pasca Sarjana</em>.</p><p>Bender, W. N. (2012). <em>Project Based Learning Differentiating Instruction for the 21st Century.</em> USA: Corwin.</p><p>Jasmine, P. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Literasi Lingkungan Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Skripsi UPI Bandung.</p><p>Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.</p><p>Khoiri, N. (2018). <em>Metodologi Penelitian Pendidikan (Ragam, Model, dan Pendekatan).</em> Semarang: Southeast Asian Publishing.</p><p>Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA di SD. <em>Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE)</em>, 57-64.</p><p>Lutfi. (2018). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi. <em>Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya</em>. 189-194.</p><p>Mashfufah, A. (2020). <em>Model Pembelajaran Inquiry Laboratory Berbasis Etno-sosioekologi Untuk Memberdayakan Literasi Lingkungan Pada Mahasiswa</em>. Klaten: Lakeisha.</p><p>Nasution, R. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Lingkunagn Siswa SMA Kelas X di Samboja dalam Pembelajaran Biologi. <em>Proceeding Biology Education</em><em> </em><em>Conference</em>.</p><p>Nurfadillah, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Konsep Polimer dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. <em>Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran</em>, 45-51.</p><p>Pratama. (2020). Pengaruh Literasi Lingkungan Terhadap Environmental Responsibility Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah.</p><p>Saputri, N. C. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menerapkan Aktivitas dalam Teori Van Hiele Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.</p><p>Sugiyono. (2017). <em>Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&amp;D.</em> Bandung: Alfabeta.</p><p>Susilastri, S. D., &amp; Nuryani. (2015). Students envirnmental Literacy Profile in School Based Nature and in School that Implement the Adiwiyata Program. <em>Seminar Nasional Konservasi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam</em>.</p><p>Trisdiono. (2013). <em>Strategi Pembelajaran Abad 21</em>. LPMP DI Yogyakarta.</p><p>Widowati, A. (2011). Membentuk Generasi Berliterasi Lingkungan dengan Penerapan Pendekatan STM dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan IPA</p><p>Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. <em>Researchgate</em>.</p><p> </p><p> </p>

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Ramadhana, S. D., Norra, B. I., & Rasyida, N. (2022). KEEFEKTIFAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODEL PjBL-STEAM PADA MATERI LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 6(2), 75–81. https://doi.org/10.26740/jp.v6n1.p75-81
Abstract views: 658 , PDF Downloads: 731