Penerapan Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bermain Peran Siswa Kelas V SDN Lidah Kulon IV Surabaya

Authors

  • Prima Vidya Asteria Universitas Negeri Surabaya
  • Shovia Khoirur Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • Fatima Zahra Renhoran Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p150-155

Keywords:

pembelajaran, bermain peran, hypnoteaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bermain peran siswa kelas V SDN Lidah Kulon IV Surabaya dengan menerapkan metode hypnoteaching. Hypnoteaching adalah metode pembelajaran yang dalam menyampaikan materi pelajaran, guru menggunakan teknik berkomunikasi yang sangat persuasif dan sugestif dengan tujuan agar peserta didik mudah memahami materi pelajaran.  Langkah-langkah hypnoteaching  meliputi:  1)  niat dan motivasi dalam diri sendiri; 2) pacing atau menyamakan posisi, gerak tubuh, bahasa, serta gelombang otak dengan orang lain atau peserta didik;  3) leading  atau mengarahkan peserta didik; 4)  menggunakan  kata-kata positif;  5)  memberikan pujian; 6) modeling atau memberi teladan melalui ucapan dan perilaku. Data mengenai pembelajaran bermain drama dan penerapan metode hypnoteaching dikumpulkan melalui observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran, suasana pembelajaran bermain peran di kelas akan lebih kondusif, peserta didik merasa penting, aman dan nyaman dengan penerapan metode hypnoteaching. Hasil belajar siswa mencapai 100. 

Abstract

This study aims to describe the planning, implementation, and evaluation of learning to play the role of grade V SDN Lidah Kulon IV Surabaya by applying the hypnoteaching method. Hypnoteaching is a method of learning that in delivering the subject matter, the teacher uses very persuasive communication techniques and suggestive with the aim that learners easily understand the subject matter. The steps of hypnoteaching include: 1) intention and self-motivation; 2) pacing or equating positions, gestures, language, and brain waves with other people or learners; 3) leading or directing learners; 4) use positive words; 5) give praise; 6) modeling or modeling through speech and behavior. Data on the learning of drama play and the application of hypnoteacing method were collected through observation and test. Data analysis was done by using quantitative descriptive analysis. The results show that during the learning process, the atmosphere of learning to play a role in the classroom will be more conducive, learners feel important, safe and comfortable with the application of hypnoteaching methods. Student learning outcomes reached 100. 

References

Awalina, N., 2016. Penerapan Model Visual Auditory Kinesthetic (VAK) dengan Teknik Hypnoteaching untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Memerankan Tokoh Drama di Kelas V SDN Tegalendah Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 1.

Mahfudz, A., 2012. Cara Cerdas Mendidik yang Menyenangkan, Jakarta: Simbiosa.

Mansur, 2015. Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Edisi April. Available at: http://www.lpmpsulsel.net/v2/index.php?option=com_content&view=article&id=344:pembelajaran-melalui-hypnoteaching&catid=42:ebuletin&Itemid=215 [Accessed April 19, 2017].

Pertiwi, H., 2014. Hypoteaching untuk PAUD dan TK, Jakarta: Diva Press.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta.

Wartini, S., 2012. Peningkatan Minat Belajar Seni Tari Melalui Hypnoteaching di SD Negeri 1 Prambanan Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2018-01-09

How to Cite

Asteria, P. V., Rohmah, S. K., & Renhoran, F. Z. (2018). Penerapan Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bermain Peran Siswa Kelas V SDN Lidah Kulon IV Surabaya. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 2(2), 150–155. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p150-155
Abstract views: 11270 , PDF Downloads: 1968