Keterkaitan Metode dan Media Bervariasi dengan Minat Siswa dalam Pembelajaran Biologi Tingkat SMP

Authors

  • Reisky Megawati Tammu Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142

Keywords:

metode, media, minat, biologi

Abstract

Abstrak

Biologi merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang diajarkan pada siswa tingkat SMP melalui mata pelajaran IPA Terpadu. Sebagai bidang ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungan yang telah diciptakan secara teratur, sistematis, dan kompleks oleh Tuhan, biologi memiliki cakupan yang sangat luas dan kaya. Dalam pembelajaran biologi, metode dan media merupakan komponen penting yang dapat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar serta minat siswa. Kajian ini bertujuan untuk menguraikan dan merangkum keterkaitan antara metode dan media bervariasi dengan minat siswa dalam pembelajaran biologi tingkat SMP berdasarkan studi literatur maupun hasil penelitian yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan metode dan media bervariasi dapat memfasilitasi tercapainya tujuan pembelajaran biologi sesuai dengan karakteristik bidang ilmu & tahap perkembangan siswa SMP, menghasilkan pembelajaran biologi yang menarik sebagai salah satu syarat untuk menumbuhkan minat siswa, dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Penggunaan metode dan media bervariasi dalam pembelajaran biologi tingkat SMP dapat memfasilitasi siswa yang sedang berada pada tahap formal operational thought dan pemahaman romantik untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan minatnya dalam mengeksplorasi kekayaan dan keutuhan dari biologi sebagai suatu ilmu pengetahuan. Penggunaan metode dan media yang variatif juga akan menghasilkan proses belajar yang menarik yang membantu siswa menemukan makna dari materi yang dipelajari sehingga semakin meningkatkan minat, pemahaman konsep, dan prestasi belajar mereka dalam pembelajaran biologi.

                                               

Abstract

Biology is a science field which taught to student of junior high school level through Integrated Science subject. As a science field that studies about living things and environment which have been created regularly, systematically, and complexly by God, biology has a very wide and rich coverage. In learning biology, methods and media are important components that can influence the success of teaching and learning process, and student interest. This study aims to describe and summarize the interrelationships between methods and media varies with student interest in biologys learning of junior high school based on literature studies and relevant research results. The results of the study indicate that the use of varied methods and media can facilitate the achievement of biologys learning objectives in accordance with the characteristics of the science field and the stage of development of junior high school students, can create an interesting biological learning as one of the requirements to cultivate student interest, can increase student interest and their achievement in biology. The application of varied methods and media in the junior-level biology learning can facilitate students who are in the formal stage of operational thought and romantic understanding to develop their cognitive abilities and interests in exploring the richness and oneness of biology as a science. It will also produce an interesting learning process which can help students discover the meaning of the material learned so that it will increase their interest, concepts understanding, and learning achievements in biology.

References

Brahim, T.K., 2007. Peningkatan hasil belajar sains siswa kelas VI sekolah dasar melalui pendekatan pemanfaatan sumber daya alam hayati di lingkungan sekitar. Jurnal Pendidikan Penabur, 9, pp.3749.

Van Brummelen, H., 2006. Berjalan bersama Tuhan di dalam kelas: Pendekatan Kristiani untuk pembelajaran [Walking with God in the classroom: Christian approaches in learning and teaching], Jakarta: Universitas Pelita Harapan.

Campbell, N.A., Reece, J.B. & Mitchell, L.G., 2002. Biologi edisi kelima jilid I [Biology, fifth edition], Jakarta: Erlangga.

Depdikbud, 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas, 2007. Materi sosialisasi dan pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, 2003. Standar kompetensi mata pelajaran biologi SMA dan MA, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Desmita, 2005. Psikologi Perkembangan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset (Rosda).

Djaali, H., 2007. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S.B. & Zain, A., 2006. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djiwandono, S.E. w., 2006. Psikologi Pendidikan Edisi Revisi, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Hurlock, E., 2000. Perkembangan anak edisi 6 jilid II [Child development sixth edition], Jakarta: Erlangga.

Kusmiyati, 2007. Meningkatkan minat belajar IPA Biologi siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pijar MIPA, 2(2), pp.6368. Available at: http://jurnal.pdii.lipi.go.id/index.php/Search. html? act=tampil&id=9045.

Muldayanti, N.D., 2013. Pembelajaran biologi model STAD dan TGT ditinjau dari keingintahuan dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), pp.1217.

Munadi, Y., 2008. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Press.

Nuryani, 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi, Malang: Universitas Negeri Malang.

Pannen, P., Mustafa, D. & Sekarwinahyu, M., 2001. Konstruktivisme dalam pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka.

Prastati, T. & Irawan, P., 2001. Media Sederhana, Jakarta: Universitas Terbuka.

Prastowo, A., 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahmat, A., 2009. Super Teacher, Bandung: MQS Publishing.

Rizky, A., Pujiastuti & Asyiah, I.N., 2015. Penerapan metode eksperimen dengan memanfaatkan media asli tumbuhan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar biologi (pokok bahasan klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas 7A di SMPN 2 Maesan Tahun Ajaran 2013/2014. Pancaran, 4(1), pp.7988.

Sadiman, A.S. et al., 2005. Media Pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, W., 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, J.W., 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja edisi enam, Jakarta: Erlangga.

Sardiman, A.M., 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Setiawan, P.Z. & Napitupulu, E., 2014. Aplikasi media pembelajaran flipchart untuk meningkatkan penguasaan materi pertumbuhan dan perkembangan pada mata pelajaran IPA Teerpadu. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), pp.141152.

Slameto, 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya edisi revisi, Jakarta: Rineka Cipta.

Suciati & Irawan, P., 2001. Teori Belajar dan Motivasi, Jakarta: Universitas Terbuka.

Suherman, E., 2008. Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Jurnal Educare, 5 (2). Available at: http://educare.e-kipunla.net/index.php?option=com_ content &task=view&id=60&Itemid=7.

Susilonuringsih, K., 2006. Pengaruh faktor intern dan faktor ekstern terhadap minat belajar siswa kelas I di SMK Yayasan Pendidikan Ekonomi (YAPEK) Gomboong tahun diklat 2005/2006.

Sutikno, M.B., 2009. Belajar dan Pembelajaran: Upaya kreatif adalam mewujudkan pembelajaran yang berhasil, Bandung: Prospect.

Uzman, M.U., 2007. Menjadi Guru Professional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yamin, H.M. & Ansari, B.I., 2008. Taktik mengembangkan kemampuan individual siswa, Jakarta: Gaung Persada Press.

Zed, M., 2008. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2018-01-09

How to Cite

Tammu, R. M. (2018). Keterkaitan Metode dan Media Bervariasi dengan Minat Siswa dalam Pembelajaran Biologi Tingkat SMP. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 2(2), 134–142. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142
Abstract views: 6108 , PDF Downloads: 3823