Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbantuan Swarnadwipa Nusantara untuk Meningkatkan Reading and Speaking Skill Pada Mahasiswa BIPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif untuk mahasiswa BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) guna meningkatkan keterampilan membaca (reading comprehension) dan berbicara (speaking fluency). Media yang dikembangkan adalah "Swarnadwipa Nusantara: Bilingual Pop-up Book berbasis Gamifikasi Folklore" sebuah buku pop-up bilingual (Indonesia-Inggris) yang mengintegrasikan cerita rakyat (folklore) Indonesia dengan elemen gamifikasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran BIPA yang interaktif dan menarik, yang berfokus pada pengenalan budaya lokal (local culture) Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model ADDIE. Data dikumpulkan melalui validasi ahli (expert judgement) untuk mengukur kelayakan desain media dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diharapkan dapat menghasilkan media pembelajaran yang efektif, menarik mudah diakses, dapat meningkatkan minat dan kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa BIPA, serta mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan teori pembelajaran bahasa, khususnya dalam pemanfaatan media interaktif berbasis budaya lokal

