Penerapan Pemilihan Kata dalam Karya Media Iklan Produk ECOBITES: Best Practice Implementasi MBKM Riset Kewirausahaan
Abstract
Iklan berperan dalam memperkenalkan produk kepada konsumen dan memotivasi mereka untuk membeli. Untuk menciptakan iklan yang efektif, pemilihan kata yang tepat sangat penting, terutama untuk produk ramah lingkungan seperti ECOBITES. ECOBITES adalah produk peralatan makan yang terbuat dari pelepah pisang dan ampas tahu, bersifat biodegradable dan edible. Produk ini merupakan hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang meraih medali emas pada PIMNAS ke-37 dan merupakan implementasi MBKM Riset dan Kewirausahaan. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan proses produksi dan pemasaran ECOBITES, (2) Mendeskripsikan penerapan pemilihan kata dalam media iklan seperti video, kartu quotes, dan poster produk, dan (3) Mendeskripsikan peran pemilihan kata dalam pemasaran ECOBITES. Metode kajian menggunakan teknik analisis deskriptif menggunakan pendekatan teori pemilihan kata (diksi) Gorys Keraf dengan jenis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produksi ECOBITES meliputi tiga tahap: pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi, dengan pemasaran dilakukan melalui saluran offline dan online. (2) Pemilihan kata dalam media iklan, seperti kata "patah" dalam video iklan dan "alam" dalam kartu quotes, bertujuan untuk membangun kesan dan mengedukasi konsumen tentang keterkaitan manusia dengan alam. Kata "tersertifikasi" pada poster bertujuan meyakinkan konsumen tentang legalitas produk. (3) Pemilihan kata terbukti efektif dalam meningkatkan interaksi di media sosial, membangun kepercayaan masyarakat, mendorong kerja sama, dan meningkatkan penjualan produk.

