Kontribusi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Terhadap Capaian Prodi Pendidikan Biologi

Authors

  • Rinie Pratiwi Puspitawati Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang Pratama V, Ketintang, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60231, Indonesia
  • Muhammad Zahrudin Afnan Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang Pratama V, Ketintang, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60231, Indonesia

Keywords:

MBKM, Kampus Merdeka, Magang Merdeka, Program Studi, Pendidikan Biologi

Abstract

Pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas tinggi telah menjadi program strategis pemerintah untuk menghadapi tantangan global abad ini. Perguruan tinggi di Indonesia perlu mengambil tindakan strategis sebagai tanggapan terhadap tantangan global. Program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Kemenristekdikti memulai kurikulum bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana program Merdeka Belajar Kampus Merdeka berdampak pada kualitas sumber daya manusia dan pemerataan pendidikan di Indonesia. Metode kuantitatif dengan responden mahasiswa yang pernah mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui GForm angkatan 2018-2021 dan dari 2 Program Studi S1 Pendidikan Biologi sejumlah 128 Responden Mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program yang ditawarkan oleh Merdeka Belajar Kampus Merdeka membantu mahasiswa dalam peningkatan soft dan hard skill. Selain itu program tersebut juga memenuhi 4 capaian dari prodi pendidikan biologi yaitu Perolehan Kognitif, Perolehan Sosial, Perolehan Keterampilan Sains dan Problem Solving dan Perolehan Softskill dengan persentase 33,59 mereka memperoleh capaian prodi berupa perolehan soft skill atau sekitar 43 mahasiswa, 31,25% memperoleh capaian prodi berupa perolehan Kognitif atau sekitar 40 mahasiswa, 28,13% memperoleh capaian prodi berupa Perolehan Keterampilan Sains dan Problem Solving atau sekitar 36 mahasiswa dan yang terakhir didapati 7,03% memperoleh capaian prodi berupa perolehan sosial atau sekitar 9 mahasiswa.

Downloads

Published

2024-06-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 89 , PDF Downloads: 111