Evaluasi Program Pertukaran Mahasiswa dalam Rangka Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Authors

  • Supriyanto Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Kampus Lidah Wetan, Gedung O4, Lt.1. Jl. Lidah Wetan, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Sholeh Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Kampus Lidah Wetan, Gedung O4, Lt.1. Jl. Lidah Wetan, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Hitta Alfi Muhimmah Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Kampus Lidah Wetan, Gedung O4, Lt.1. Jl. Lidah Wetan, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Ima Widiyanah Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Kampus Lidah Wetan, Gedung O4, Lt.1. Jl. Lidah Wetan, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Abstract

Program pertukaran mahasiswa (student exchange) merupakan implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman dan keilmuan mahasiswa dengan belajar dari perguruan tinggi lain. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2020, namun belum ditemukan hasil evaluasi yang komprehensif untuk mengetahui keberhasilan implementasinya sehingga penelitian ini urgen untuk dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan informasi mengenai efektivitas dan efisiensi program pertukaran mahasiswa yang berguna sebagai bahan masukan dalam pengambilan kebijakan. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif dekriptif, model evaluasi menggunakan CIPP, data dikumpulkan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program student exchange di Universitas Negeri Surabaya berlangsung dengan baik. Universitas Negeri Surabaya mampu menyiapkan aspek akademik dan non akademik dengan baik sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman akademik yang baik, pembelajaran yang optimal, dan pemahaman kebudayaan, dan meningkat prestasi akademiknya.

Downloads

Published

2024-06-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 141 , PDF Downloads: 221