PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN USABILITY TESTING

Main Article Content

Dwi Fatrianto Suyatno
Ika Hanim Rochana

Abstract

Penggunaan website di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merupakan kebutuhan, pemanfaatan website perlu diketahui tingkat usability  sehingga dapat mengetahui nilai kegunaan dari website yang sudah disediakan oleh Jurusan Teknik Informatika (JTIF) UNESA untuk menyampaikan informasi kepada civitas akademiknya. Pengukuran tingkat usability dapat melihat reposn kepuasan pengguna wesbit JTIF UNESA sehingga dapat memberikan masukan kepada pihak pengelola mengenai hal hal yang perlu ditingkatkan dari sisi kualitas dan kuatintas .Untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dari website JTIFUNESA perlu digunakan alat ukur yang  berupa usability testing yang metode ini menekankan pada proses pengambilan data kepasa responden via kuisoner yang telah disusun berdasarkan 4 ukuran utama yaitu Ease of Use / Ease of Navigation), Customization, Download Delay dan Content. Hasil dari kuisoner digunakan untuk mengukur usability dari website jurusan teknik informatika UNESA sehingga dapat diketahui pada bagian mana saja website tersebut diperlukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas tampilan dan fungsionalitas secara keseluruhan.

Article Details

Section
Articles

References

E. Saputra et al., œUsability Testing Untuk Mengukur Penggunaan Website, J. Tek. Inform., 2014.

M. Marlindawati and P. Indriani, œPENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING DENGAN PENERAPAN MODEL END USING COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus: Universitas Bina Darma dan STMIK MDP), J. Ilm. Matrik, pp. 5566, 2016.

D. T. Green and J. M. Pearson, œA confirmatory factor analysis of two web site usability instruments, in Proceedings of the Third Annual Workshop on HCI Research in MIS, 2004.

J. Nielsen and R. Mack, Heuristic Evaluation. 1994.

V. A. Zeithaml, M. J. Bitner, and D. D. Gremler,œServices Marketing strategy, in Wiley International Encyclopedia of Marketing, 2010.

A. Suharsimi, Prosedur Penelitian¯: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). 2013.

J. D. Lewis, M. H. Walizer, and P. L. Wienir, œResearch Methods and Analysis: Searching for Relationships., Contemp. Sociol., 1980.

H. Sarjono, œModel Pengukuran Produktivitas Berdasarkan, J. winners, 2001.

U. Husein, œRiset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Ris. Pemasar. dan Perilaku Konsum., 2002.

L. J. Moleong, œMetodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), in PT. Remaja Rosda Karya, 2017.

Basuki, œAnalisis Data Penelitian Dengan Statistik, Pengantar Kebijak. Publik, 2006.

Risnita, œPengembangan Skala Model Likert, Edu-Bio, 2012.

S. H. Prayoga and D. I. Sensuse, œAnalisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web Dengan Mengadopsi Model Kepuasan Pengguna (User Satisfaction), J. Sist. Inf. Univ. Indones., 2010.

D. R. Rahadi, œPengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android Interface pengguna Android didasarkan pada manipulasi langsung menggunakan masukan sentuh yang serupa dengan tindakan di dunia nyata , seperti menggesek
( swiping ), mengetuk , vol. 6, no. 1, pp. 661671, 2014.

D. T. Green and J. M. Pearson, œThe examination of two web site usability instruments for use in B2C e-commerce organizations, J. Comput. Inf. Syst., 2009.