Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Menggunakan Website Pembelajaran dengan Technology Acceptance Model (TAM)

Main Article Content

Paramitha Nerisafitra
Fajar Annas Susanto

Abstract

Abstrak”Teknologi pendidikan telah diadopsi oleh sebagian besar perguruan tinggi, bahkan ada yang menerapkan metode pembelajaran campuran, yang artinya dilakukan dengan cara tatap muka di kelas dan ada yang melalui video pembelajaran. Metode pembelajaran campuran ini memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa untuk memilih waktu dan tempat untuk mempelajari modul perkuliahan tanpa batas, bisa di mana saja dan kapan saja. Peneliti menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengetahui faktor apa saja yang bisa meningkatkan motivasi mahasiswa Program Studi S1 Sistem Informasi dalam menyimak atau mempelajari video kuliah. Penelitian diawali dengan membagikan kuisioner online kepada mahasiswa, kemudian diketahui jenis video kuliah seperti apa yang diinginkan oleh mahasiswa.

Article Details

Section
Volume 03 Nomor 02

References

Ajzen,  I.  dan  M.  Fishbein.  (1980).  Understanding Attitudes and Predicting Sosial Behavior. Prentice-Hall, Englewood Cliffs, NJ.

Alharbi, S. (2014). Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics Behavioural Intention to Use Learning Management Systems. (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications,, 143-155.

Allison  Rosset,  Felicia  Douglis,  and  Rebecca  V.  Fraze  (2003),  Strategies  for  Building  Blended Learning.

Cheung, WS; Hew, KF (2011). Design and evaluation of two blended learning  approaches: Lessons learned. Australasian Journal of Educational Technology, 2011, v.  27 n. 8, p. 1319-1337

Davis,  Fred  D.  1989.  Perceived Usefulness,  Perceived  Ease of Use,  dan User  Acceptance of Information Technology. Dalam MIS Quarterly, September , Vol. 13 Issue 3 p. 318-340.

Hasamah (2014), Pembelajaran Bauran (Blended Learning), Jakarta, Prestasi Pustaka.

Ramadhan,  R.,  Chaeruman,  U.,  &  Kustandi,  C.  (2018,  February  21).  Pengembangan Pembelajaran  Bauran  (Blended  Learning)  di  Universitas  Negeri  Jakarta.  Jurnal  Pembelajaran Inovatif, 1(1), 37 48

Sanjaya, IPS. (2005). Pengaruh Manfaat dan Kemudahan Pada Minat Berperilaku  (behavioural intention) Dalam Penggunaan Internet. Kinerja 9 hal 146-156.

Surendran, P. (2012). Technology Acceptance Model: A Survey of Literature. International Journal of Business and Social Research (IJBSR), Volume 2, No.4, 175-178.

Valdehita R.E., Medina-Merodio José.-Amelio. & Plata R.B. (2019). Student acceptance of virtual laboratory and practical work: An extension of the technology acceptance model, Computers & Education