Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Menggunakan Website Pembelajaran dengan Technology Acceptance Model (TAM)
Main Article Content
Abstract
Abstrak”Teknologi pendidikan telah diadopsi oleh sebagian besar perguruan tinggi, bahkan ada yang menerapkan metode pembelajaran campuran, yang artinya dilakukan dengan cara tatap muka di kelas dan ada yang melalui video pembelajaran. Metode pembelajaran campuran ini memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa untuk memilih waktu dan tempat untuk mempelajari modul perkuliahan tanpa batas, bisa di mana saja dan kapan saja. Peneliti menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengetahui faktor apa saja yang bisa meningkatkan motivasi mahasiswa Program Studi S1 Sistem Informasi dalam menyimak atau mempelajari video kuliah. Penelitian diawali dengan membagikan kuisioner online kepada mahasiswa, kemudian diketahui jenis video kuliah seperti apa yang diinginkan oleh mahasiswa.
Article Details
References
Ajzen, I. dan M. Fishbein. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Sosial Behavior. Prentice-Hall, Englewood Cliffs, NJ.
Alharbi, S. (2014). Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics Behavioural Intention to Use Learning Management Systems. (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications,, 143-155.
Allison Rosset, Felicia Douglis, and Rebecca V. Fraze (2003), Strategies for Building Blended Learning.
Cheung, WS; Hew, KF (2011). Design and evaluation of two blended learning approaches: Lessons learned. Australasian Journal of Educational Technology, 2011, v. 27 n. 8, p. 1319-1337
Davis, Fred D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan User Acceptance of Information Technology. Dalam MIS Quarterly, September , Vol. 13 Issue 3 p. 318-340.
Hasamah (2014), Pembelajaran Bauran (Blended Learning), Jakarta, Prestasi Pustaka.
Ramadhan, R., Chaeruman, U., & Kustandi, C. (2018, February 21). Pengembangan Pembelajaran Bauran (Blended Learning) di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 37 48
Sanjaya, IPS. (2005). Pengaruh Manfaat dan Kemudahan Pada Minat Berperilaku (behavioural intention) Dalam Penggunaan Internet. Kinerja 9 hal 146-156.
Surendran, P. (2012). Technology Acceptance Model: A Survey of Literature. International Journal of Business and Social Research (IJBSR), Volume 2, No.4, 175-178.
Valdehita R.E., Medina-Merodio José.-Amelio. & Plata R.B. (2019). Student acceptance of virtual laboratory and practical work: An extension of the technology acceptance model, Computers & Education