PENGEMBANGAN APLIKASI SERTIFIKASI ONLINE UNTUK MENGUJI KOMPETENSI MAHASISWA UNESA

Main Article Content

Ricky Eka Putra
Diastian Vinaya Wijanarko
Sri Usodoningtyas
Juhrah Singke

Abstract

Kegiatan sertifikasi memiliki peranan penting dalam pengembangan Sumber Daya Masyarakat (SDM), khususnya dalam menjaga eksistensi negara Indonesia di dalam persaingan global di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). LSP Unesa turut mendukung program Unesa dalam melakukan sertifikasi demi menghasilkan lulusan yang berkualitas. Revolusi industri 4.0 dan perkembangan teknologi yang tinggi membuat LSP Unesa turut berpartisipasi dalam membuat sistem sertifikasi online yang digunakan dalam melakukan uji kompetensi. Aplikasi ini diyakini nanti dapat membuat kegiatan uji kompetensi menjadi lebih efektif dan efisien, khususnya pada proses pendaftaran sertifikasi oleh mahasiswa dan penilaian uji kompetensi oleh asesor. Aplikasi sertifikasi ini bersifat paperless yang tentunya dapat mereduksi penggunaan kertas dalam kegiatan sertifikasi. Melalui aplikasi ini, LSP Unesa juga turut mendukung gerakan green dan eco campus yang sedang digalakkan oleh Unesa. Pembuatan aplikasi ini mengadopsi model pengembangan perangkat lunak waterfall. Model ini terdiri dari 5 tahapan, antara lain pendefinisian kebutuhan (requirement definition), perancangan sistem dan perangkat lunak (system and software design), implementasi dan pengujian unit (implementation and unit testing), integrasi dan pengujian sistem (integration and system testing), serta pengoperasian dan perawatan (operation and maintenance). Hasil penelitian ini membuat proses uji kompetensi menjadi lebih efektif dan efisien. Aplikasi yang paperless ini juga mendukung gerakan green dan eco campus di Unesa.

Article Details

Section
Volume 03 Nomor 02
Author Biographies

Ricky Eka Putra, Universitas Negeri Surabaya

Informatics Engineering Department

Diastian Vinaya Wijanarko, Universitas Negeri Surabaya

Machine Engineering Department

Sri Usodoningtyas, Universitas Negeri Surabaya

Home Economics Department

Juhrah Singke, Universitas Negeri Surabaya

Home Economics Department

References

Apresian, S.R., Arus Bebas Tenaga Kerja dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN: Ancaman bagi Indonesia?, Indonesian Perspective, Vol. 1, No. 2 (Juli-Desember 2016), pp. 15-29, 2016.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi Presiden Republik Indonesia.

Wahyuni, D, Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Revolusi Industri 4.0, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Kajian Singkat terhadap Isu Aktual dan Strategis Vol. X, No. 24/II/Puslit/Desember/2018, Des. 2018.

Olivya, M., Perancangan Aplikasi Evaluasi Ujian Sertifikasi Kompetensi Pada Lembaga Sertifikasi Profesi, Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M) 2017, pp. 123-128, 2017.

Nugroho, Bunafit, PHP & MySQL dengan editor Dreamwever Mx, Yogyakarta:Andi, 2004.

Doyle, M., Beginning PHP 5.3, Programmer to Programmer, Wrox, 2010.

Boronczyk, T., PHP and MySQL Create-Modify-Reuse, Wiley Publishing, Inc, 2008.

Darie, C., Ajax and PHP, Building Modern Web Application Second Edition, Packt Publishing, 2009.

Tezer, O. SQLite vs MySQL vs PostgreSQL: A Comparison Of Relational Database Management Systems,
https://www.digitalocean.com/community/tutorials/sqlite-vs-mysql-vs-postgresql-a-comparison-of-relational-database-management-systems, tanggal akses: 2 Mei 2019.

Sommerville, I., Software Engineering, Ninth Edition, Pearson Education, pp.30-31, 2011.