Pengukuran Peminatan Siswa Sekolah Dasar MenggunakanWeb Pembelajaran Berbasis Game

Main Article Content

Dwi Fatrianto Suyatno
Dwi Fatrianto Suyatno
Rina Harimurti
Anita Qoiriah

Abstract

Siswa SD pada tahun tahun awal masih berusaha untuk membiasakan diri dengan pembelajaran berhitung, karena pada masa tersebut masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mengikuti pembejaran matematika. Kebermaknaan konsep-konsep matematika tampak jelas ketika digunakan dalam memecahkan masalah sains, teknologi dan kehidupan sehari-hari (Rutherford, 1989). Mengingat hal ini maka dalam pembelajaran matematika di sekolah, guru harus mengaitkan pelajaran matematika dengan mata pelajaran lainnya, teknologi, dan kehidupan sehari-hari. Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang ada di Indonesia khususnya di dunia pendidikan dalam pemanfaatan TIK khususnya internet oleh guru/tenaga pendidik dirasakan masih belum optimal. Pemnafaatan game yang tersedia dengan media web  dapat digunakan sebagai variasi media pembelajaran. Dengan mencermati hasil-hasil pelaksanaan pelatihan dapat disimpulkan bahwa pelatihan penggunaan game sebagai media edukasi untuk pembelajaran matematika siswa SD dapat dikatakan mampu memberikan penyegagaran pada proses belajar mengajar di kelas, sehingga diperlukan penambahan waktu, perlu tambahan program aplikasi lain dan penambahan dana dalam pelaksanaannya.

 

Article Details

Section
Volume 03 Nomor 01

References

Becker, H. J. (1999). Internet use by teachers: conditions of professional use and teacher-directed student use (Report): Center for Research on Information Technology and Organizations The University of California, Irvine and The University of Minnesota.

Bitner, M. J. dan Zeithaml, V. A., (2003), Service Marketing (3rded.), Tata McGraw Hill, New Delhi.

Handriyantini, Eva. (2009). Permainan Edukatif (Educational Game) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informasi & Komputer Indonesia

Jogiyanto Hartono. (1999). Pengenalan Komputer. Andi Offset. Yogyakarta

Kotler, Philip. (2002), Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta. Philip Kotler dan Gary Amstrong, 1997, .

Montana, Sugiarto, Muwasiq M. Noor. Pengembangan Customer Relationship Management Berbasis Sistem E-Commerce. CommIT, Vol.4, No.2, Oktober 2010, hlm.139-149.http://msi.binus.ac.id/files/2013/05/0402-10-Sugiarto.pdf. Diakses pada tanggal 18 Februari 2018, 2013.

Purbo,Onno W., (2005), Internet untuk Dunia Pendidikan, Computer Network Research GroupInstitut Teknologi Bandung

Robert, H. Blissmer (1985-1986), Computer Annual, An Introduction to. Information Systems (2nd Edition), John Wiley & Sons. Spiegel

Rutherford, F.J., & Ahlgren, A. (1990). œScience for all Americans. New York: Oxford

Timmerman, M. (2004, April). Using the Internet: Are prospective elementary teachers prepared to teach with technology? Teaching Children Mathematics, 410-415.

Suherman, Erman, (2003), Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia.

Yusuf, Dr. H. Adie E., (2010), M.A, Pemanfaatan ICTdalam Pendidikan: Kebijakan Dan Standarisasi Mutu.