Deteksi Pemeran Kunci pada Kelompok Jaringan yang Terbentuk Berdasarkan Pola Interaksi Produk Indihome di Media Sosial Twitter

Main Article Content

Arina Nahya Nurnafia

Abstract

sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang telekomunikasi terbesar di Indonesia. Perusahaan BUMN itu memiliki anak perusahaan yang menghasilkan beberapa produk. Salah satu produk PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yang banyak digunakan oleh para pelanggannya adalah IndiHome dengan dibuktikan pada laporan kinerjanya tumbuh mencapai 97,0% YoY. Banyaknya pelanggan produk IndiHome akibat ramainya perbincangan di media sosial pada saat momentum Piala Dunia 2018. Salah satunya perbincangan tersebut ramai di media sosial Twitter. Pada media sosial Twitter dapat melakukan analisis konteks sosial menggunakan sistem komputasi atau biasa disebut dengan Social Computing. Metode yang kali ini digunakan adalah Social Network Analysis (SNA) dengan mengidentifikasi pola interaksi sosial yang terjadi antar pengguna dalam suatu jaringan. Penelitian ini berjudul œDeteksi Pemeran Kunci Pada Kelompok Jaringan Yang Terbentuk Berdasarkan Pola Interaksi Produk IndiHome Di Media Sosial Twitter" yang bertujuan sebagai identifikasi aktor yang paling memiliki pengaruh pada interaksi percakapan mengenai produk IndiHome pada tahun 2018 yang dapat diprediksi sebagai penggerak opini dalam diseminasi informasi pada jaringan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan semua tweet (reply, mention, dan retweet) yang berisi percakapan menggunakan bahasa Indonesia mengenai produk IndiHome pada tahun 2018 pada rentang waktu 14 Juni 2018 - 28 Juni 2018 tanpa batasan lokasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode SNA. Ukuran yang diteliti adalah degree centrality, closeness centrality, betweeness centrality, dan eigenvector centrality. Hasil penelitian yang dilakukan dengan pengambilan data periode 14 hari dari tanggal 14 Juni hingga 28 Juni 2018 menunjukan bahwa secara keseluruhan didapatkan 5660 aktor (nodes) yang terlibat dalam jaringan, dan 6186 interaksi (edges) dengan tipe visualisasi grafik yaitu directed. Key Player dalam jaringan interaksi percakapan mengenai IndiHome di media sosial Twitter adalah @TelkomCare (akun customer service PT. Telkom Indonesia) dan @fbajri (pengguna Twitter yang aktif membuat forum diskusi dan berbagi informasi mengenai teknologi).

 

Kata KunciBig Data, Community Detection, Analisis Jejaring Sosial, Pemeran Kunci, Media Sosial

Article Details

Section
Volume 03 Nomor 01
Author Biography

Arina Nahya Nurnafia, Telkom University

Faculty of Economic and Business

Business Management of Telecommunication and Informatics

References

Dimas, Fauzan. 2018. Perkembangan Industri Telekomunikasi Dengan Big Data [online]. https://www.kompasiana.com/fauzan123/5b6aaa275a676f422520d612/big-data-industri-telekomunikasi, tanggal akses 15 November 2018.

Telkom Indonesia. 2018. Tentang Kami [online]. https://indihome.co.id/about-us, tanggal akses 15 November 2018.

Telkom Indonesia. 2018. Tentang Kami [online]. https://indihome.co.id/about-us, tanggal akses 15 November 2018.

Effendi, Zaenal. 2018. IndiHome Tembus 4 Juta Pelanggan [online]. https://inet.detik.com/telecommunication/d-4059972/indihome-tembus-4-juta-pelanggan, tanggal akses 15 November 2018.

The Economics Time. 2018. Definition of ˜Data Mining [online]. https://economictimes.indiatimes.com/definition/data-mining, tanggal akses 17 November 2018.

Ramageri, Bharati M. 2010. Data Mining Techniques and Applications. Indian Journal of Computer Science and Engineering Vol. 1 No. 4 301-305.

Shahjahan, A.T.M, Kutub Uddin Chisty. 2014. Social Media Research and Its Effect on Our Society. World Academy of Science, Engineering and Technology International Journal of Information and Communication Engineering Vol:8, No:6, 2014

Martinka, Leslie. 2012. How Social Media Communities Impact Consumer Behavior. Gonzaga University.

Sisrazeni. 2017. Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Interaksi Sosial Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Tahun 2016/2017 IAIN Batusangkar.

Cheliotis, Giorgos Dr. 2010. Social Network Analysis (SNA). Singapore: National University of Singapore.

Tsvetovat, Maksim., Kouznetsov, Alexander. 2011. Social Network Analysis for Startups. California: O'Reilly Media, Inc.

Mincer, Marcin. dan Niewiadomska-Szynkiewicz, Ewa. 2012. Application of Social Network Analysis to the Investigation of Interpersonal Connections. Journal of Telecommunications and Information Technology, 2, 83-91. Retrieved from ScienceDirect.

Passmore, David L. 2011. Social Network Analysis Theory and Applications [online]. Tersedia http://code.pediapress.com/, tanggal akses: 27 November 2013.

Umadevi. 2013. Journal of Global Research in Computer Science: Case study-Centrality Measure Analysis On Co-Authorship Network. Vol.4 no.1. Diperoleh dari: www.rroij.com.