Pengembangan Fitur Penilaian dan Perangkingan pada Automatic Programming Assessment Tools

Main Article Content

Asmunin Asmunin
rina harimurti
anita qoiriah
andi iwan nurhidayat

Abstract

Praktikum Pemrograman Dasar merupakan wadah yang efektif dan telah terbukti untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pemrograman. Dalam kegiatan ini, mahasiswa diberikan permasalahan, kemudian mahasiswa menyusun algoritma dan mencari solusi dan menuliskan kode program. Setelah program selesai ditulis, setiap mahasiswa harus melakukan asistensi dan demo ke dosen pengampu/asisten praktikum. Dalam melakukan demo ke dosen pengampu/asisten membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan tidak hanya sekali. Aplikasi Automatic Programming Assessment digunakan untuk melakukan evaluasi secara mendalam terhadap source code yang diunggah oleh praktikan. Aplikasi ini akan melakukan pengecekan jenis bahasa pemrograman yang digunakan, ukuran file, error syntax, lama eksekusi, runtime error,  time limit, wrong answer, dan compilation error. Jika hasil evaluasi tidak ada masalah, maka program dianggap benar (Accepted). Praktik/mahasiswa dapat secara live menulis kode program kemudian dikirim, atau langsung mengirim file kode program. Terhadap file yang terkirim, aplikasi akan melakukan evaluasi dan akan menampilkan hasil evaluasi. hasil pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa fitur penilaian otomatis terhadap kode program yang dikirim oleh mahasiswa dapat berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kesamaan hasil penilaian antara penilaian manual dan penilaian melalui aplikasi. Fitur rangking juga dapat menampilkan urutan mahasiswa yang telah memperoleh nilai dengan baik berdasarkan nilai (point) dan persentase AC (Accepted Answer)

Article Details

Section
Volume 02 Nomor 02

References

[1] Kurnia, A., Lim, A., Cheang, B (2001), Online Judge, Computer and Education 36, 299-315.

[2] Kosowski, A., Malafiesjski, M., Noinski T (2008). Application of an Online Judge & Contester System in Academic Tuition. ICWL 2007, 343354.

[3] Kevin A, N., Jean H, G., Dieters, V (2010), Marking student program using graph similarity, Computer & Education 54, 545-561.

[4] Liang, H., Chen, C., Zhong, Z (2017), Design and implemention of Online Automatic Judging System, IOP Conf. Series: Earth and Environment Science 69.

[5] Sharma, H., Jain, R., Shekhar, S (2017), Secure Online Judge in Cloude Environment, IOSR Journal of Computer Engineering (IOSRJCE) Volume 9, 102-106.

[6] Gui Ping Wang, Shu Yu Chen, Xin Yang & Rui Feng (2015), OJPOT: online judge & practice oriented teaching idea in programming courses, European Journal of Engineering Education.