Pengembangan Database Untuk Analisa Pembuatan Pakan Pada Agribisnis Peternakan Unggas

Main Article Content

Tri Retnasari

Abstract

Pakan merupakan komponen terbesar dalam usaha peternakan ternak (sekitar 60-70%), sehingga berpengaruh besar terhadap produktifitas. Dalam proses penghitungan formulasi pakan ternak, sangat diperlukan adanya suatu ketelitian dan kewaspadaan, agar kandungan nutrisinya tidak kurang atau melebihi kebutuhan ternak. Oleh karena itu pengembangan dan pemanfaatannya memerlukan keterpaduan antara Sistem Informasi, Program Formulasi dan Manufaktur pakan yang tepat. Teknologi komputer terhadap pengolahan data formulasi pakan ternak akan mempermudah dan meningkatkan kecepatan proses menganalisa kandungan nutrisi pakan secara optimal dan berimbang (nutrisi tidak kurang maupun melebihi kebutuhan ternak) yang dapat diselesaikan dalam hitungan menit dibanding perhitungan secara manual, sehingga dapat diproduksi pakan yang berkualitas dan menghasilkan produktivitas agribisnis yang meningkat. Untuk mengetahui bagaimana informasi hasil perhitungan formulasi pakan ternak unggas disajikan berdasarkan struktur basis data, maka dibutuhkan sistem yang dapat mengolah data tersebut. Sistem yang dikembangkan didisain sesuai dengan karakteristik data yang akan diolah. Tujuan dari database system adalah untuk mengelola data yang digunakan dan dibuat guna mendukung analisa pembuatan pakan oleh staff divisi/bagian pakan dan pemilik perusahaan.

Article Details

Section
Volume 02 Nomor 02

References

[1] Hadi, H., dan Hastuti, D., 2011, Kamus Terbaru Ekonomi dan Bisnis, Surabaya: Reality Publisher.

[2] Latief, Mukhlisulfatih, 2010, Pendekatan Database untuk Manajemen Data dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Mengaplikasikan Konsep Basisdata, Seminar Internasional APTEKINDO, Gorontalo.
ISSN: 1907-2066.

[3] Mansur, dan Kasmawi, 2017, Pengembangan Sistem Database Terpadu Berbasis Web Untuk Penyediaan Layanan Informasi Website Desa, Jurnal TEKNOSI Vol 03, No. 1.

[4] Nugroho, A., 2010, Rekayasa Perangakt Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP, Yogyakarta: Andi.

[5] Nurnawati, E.K., Ermawati, dan Ardyrusmaryya, D., 2016, Pemanfaatan basis data terintegrasi pada sistem informasi perangkat bergerak,Prosiding Sem inar Nasional Aplikasi Sain & Teknologi (SNAST), Yogyakarta. ISSN: 1979-911X.

[6] Rosa dan Shalahuddin, M., 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung.

[7] Sukamto, Sulistyo, W., dan Suyanto, B., 2012, Sistem terpadu rekam
medic rumah sakit dengan smart card, Jurnal Informatika Vol 6, No. 1.

[8] Yuhefijar, 2008, Konsep Dasar Sistem Informasi Akuntans, Jakarta:
Salemba Empat.