Pengaruh Social Learning Network Berbasis Edmodo Terhadap Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar
Main Article Content
Abstract
Pada era digital saatini, perkembangan teknologi tumbuh dengan pesat dan menciptakan sebuah fenomena interaksi secara virtual atau tidaklangsung (online). Penggunaan teknologi secara optimal sebagai upaya untuk memudahkan interaksi dengan siswa dalam proses belajar diharapkan telah terintegrasi dengan Social Learning Network (SLN).Salah satu media SLN yang dapat menunjang kelas digital yaitu Edmodo. Edmodoadalah media pembelajaran jejaring sosial dan platform micro blogging yang aman dimana guru dan siswa dapat berinteraksi dan berkolaborasi secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh SLN Edmodo terhadap pemahaman konsep siswa dan pengaruh SLN Edmodo terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMKN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode Pretest-Posttest Control Group Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini peneliti menggunakan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 107 siswa. Sampel 72 siswa yang terbagi dalam dua kelas yang diambil dengan teknik Sampling Purposive. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran dan uji t-test dengan bantuan SPSS versi 23. Pengumpulan data dilakukan berupa angket, tes dan dokumentasi nilai. Hasil pengujian hipotesis dengan analisis uji t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi pemahaman konsep (Y1) sebesar α = 0,796 > 0,05 dan signifikansi prestasi belajar (Y2) sebesar α = 0,563 > 0,05. Dengan demikian maka hipotesis nol diterima, kesimpulannya yaitu media SLN Edmodo berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Trenggalek.
Article Details
Submission of an original manuscript to the journal will be taken to mean that it represents originality work not previously published. Please see JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) originality guidelines for details. Use this in conjunction with the points below about references, before submission i.e. always attribute clearly using either indented text or quote marks as well as making use of the preferred IEEE style of formatting. Authors submitting articles for publication warrant that the work is not an infringement of any existing copyright and will indemnify the publisher against any breach of such warranty. For ease of dissemination and to ensure proper policing of use, papers and contributions become the legal copyright of the publisher unless otherwise agreed.
The editor may make use of Thurnitin software for checking the originality of submissions received.
References
[2] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital. Diperoleh dari SMKN 2
Trenggalek.
[3] Riduwan. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
[4] Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta:
Kencana.
[5] Retnoningsih, Endang. (2017). Perbandingan Learning Management
System Edmodo dan Moodle dalam Pembelajaran Online. Information
JIEET: Volume 02 Nomor 02.
[6] Nasrullah, A. dkk (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo pada
Pembelajaran Matematika Ekonomi terhadap Komunikasi Matematis. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education,
Vol. 2 (1), 1-10. Diperoleh dari journal.unpas.ac.id
[7] Al-Kathiri, F. (2015). Beyond the Classroom Walls: Edmodo in Saudi
Secondary School EFL Instruction, Attitudes and Challenges. Journal
Canadian Center of Science and Education, Vol. 8 (1), 189-204.
Diperoleh dari https://files.eric.ed.gov
[8] Gomez, A., Magrenan, Ã. A., & Orcos, L. (2015). UX of Social Network
Edmodo in Undergraduate Engineering Students. International Journal
of Artificial Intelligence and Interactive Multimedia, Vol. 3 (4), 3136.
Diperoleh dari http://doi.org