Pengaruh Social Learning Network Berbasis Edmodo Terhadap Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar

Main Article Content

Charla Nadira Caidhani
Vertika Panggayuh

Abstract

Pada era digital saatini, perkembangan teknologi tumbuh dengan pesat dan menciptakan sebuah fenomena interaksi secara virtual atau tidaklangsung (online). Penggunaan teknologi secara optimal sebagai upaya untuk memudahkan interaksi dengan siswa dalam proses belajar diharapkan telah terintegrasi dengan Social Learning Network (SLN).Salah satu media SLN yang dapat menunjang kelas digital yaitu Edmodo. Edmodoadalah media pembelajaran jejaring sosial dan platform micro blogging yang aman dimana guru dan siswa dapat berinteraksi dan berkolaborasi secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh SLN Edmodo terhadap pemahaman konsep siswa dan pengaruh SLN Edmodo terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMKN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode Pretest-Posttest Control Group Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini peneliti menggunakan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 107 siswa. Sampel 72 siswa yang terbagi dalam dua kelas yang diambil dengan teknik Sampling Purposive. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran dan uji t-test dengan bantuan SPSS versi 23. Pengumpulan data dilakukan berupa angket, tes dan dokumentasi nilai. Hasil pengujian hipotesis dengan analisis uji t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi pemahaman konsep (Y1) sebesar α = 0,796 > 0,05 dan signifikansi prestasi belajar (Y2) sebesar α = 0,563 > 0,05. Dengan demikian maka hipotesis nol diterima, kesimpulannya yaitu media SLN Edmodo berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Trenggalek.

Article Details

Section
Volume 02 Nomor 02

References

[1] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2016). Petunjuk Teknis Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar. Diperoleh dari https://www.vedcmalang.com

[2] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital. Diperoleh dari SMKN 2
Trenggalek.

[3] Riduwan. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

[4] Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta:
Kencana.

[5] Retnoningsih, Endang. (2017). Perbandingan Learning Management
System Edmodo dan Moodle dalam Pembelajaran Online. Information
JIEET: Volume 02 Nomor 02.

[6] Nasrullah, A. dkk (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo pada
Pembelajaran Matematika Ekonomi terhadap Komunikasi Matematis. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education,
Vol. 2 (1), 1-10. Diperoleh dari journal.unpas.ac.id

[7] Al-Kathiri, F. (2015). Beyond the Classroom Walls: Edmodo in Saudi
Secondary School EFL Instruction, Attitudes and Challenges. Journal
Canadian Center of Science and Education, Vol. 8 (1), 189-204.
Diperoleh dari https://files.eric.ed.gov

[8] Gomez, A., Magrenan, Á. A., & Orcos, L. (2015). UX of Social Network
Edmodo in Undergraduate Engineering Students. International Journal
of Artificial Intelligence and Interactive Multimedia, Vol. 3 (4), 3136.
Diperoleh dari http://doi.org