Ekplorasi Pola Interaksi dan Penggerak Opini Dalam Jaringan Sosial Pada Percakapan Bom Surabaya 2018 di Media Sosial Twitter

Main Article Content

Deacta Ayu Digpasari
Risca Septi Widyawati
Andry Alamsyah

Abstract

Penggunaan dari media sosial kini semakin marak digunakan oleh masyarakat umum karena media sosial membantu menghubungkan satu sama lain tanpa mengenal waktu dan jarak serta memberikan sarana untuk penggunanya dapat berinteraksi. Salah satu media sosial terpopuler adalah Twitter. Melalui Twitter dapat dilakukan analisis konteks sosial menggunakan sistem komputasi atau biasa disebut dengan Social Computing. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah Social Network Analysis (SNA) yang dapat mengidentifikasi pola interaksi sosial yang terjadi antar pengguna dalam suatu jaringan. Penelitian ini berjudul œEksplorasi Pola Interaksi & Penggerak Opini dalam Jaringan Sosial pada Percakapan Bom Surabaya 2018 di Media Sosial Twitter memiliki tujuan untuk mengidentifikasi aktor yang paling berpengaruh pada interaksi percakapan mengenai bom di Surabaya pada tahun 2018 yang dapat diprediksi sebagai penggerak opini dalam diseminasi informasi pada jaringan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan semua tweet (reply, mention, dan retweet) yang berisi percakapan menggunakan bahasa Indonesia mengenai peristiwa bom di Surabaya pada tahun 2018 pada rentang waktu 13-21 Mei 2018 tanpa batasan lokasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode SNA. Ukuran yang diteliti adalah degree centrality, closeness centrality, betweeness centrality, dan eigenvector centrality. Dari hasil penelitian didapatkan 3081 nodes (akun) dan 4163 edges (interaksi) yang terjadi selama tujuh hari pada interaksi sosial percakapan mengenai bom di Surabaya tahun 2018. Berdasarkan penelitian tersebut dapat diindentifikasi bahwa aktor yang paling berpengaruh dalam jaringan sosial tersebut adalah akun Jokowi.

Article Details

Section
Volume 02 Nomor 01
Author Biography

Deacta Ayu Digpasari, Telkom University

Business Management of Telecommunication and InformaticsFaculty of Economics and BusinessTelkom University 

References

[1] We Are Social. 2017. Digital in 2017 : Global Review [online]. https://wearesocial.com/special-reports/digital-in-2017-global-overview, tanggal akses: 1 September 2017.

[2] McKinsey Global Institute. 2011. Big data: The next frontier for innovation, competition, and productivity.

[3] Blasiak, Kevin. 2014. Big Data; A Management Revolution. Finland: Helsinki Metropolia University of Applied Sciences.

[4] Martinka, Leslie. 2012. How Social Media Communities Impact Consumer Behavior. Gonzaga University.

[5] Baruah, T. D. 2012. Effectiveness of Social Media as a tool of communication and its potential for technology enabled connections: A micro level study. International Journal of Scientific and Research Publications. Vol.2, Iss.5.

[6] Cheliotis, Giorgos Dr. 2010. Social Network Analysis (SNA). Singapore: National University of Singapore.

[7] Tsvetovat, Maksim., Kouznetsov, Alexander. 2011. Social Network Analysis for Startups. California: O'Reilly Media, Inc.

[8] Mincer, Marcin. dan Niewiadomska-Szynkiewicz, Ewa. 2012. Application of Social Network Analysis to the Investigation of Interpersonal Connections. Journal of Telecommunications and Information Technology, 2, 83-91. Retrieved from ScienceDirect.

[9] Passmore, David L. 2011. Social Network Analysis Theory and Applications [online]. Tersedia http://code.pediapress.com/, tanggal akses: 27 November 2013.

[10] Umadevi. 2013. Journal of Global Research in Computer Science: Case study-Centrality Measure Analysis On Co-Authorship Network. Vol.4 no.1. Diperoleh dari: www.rroij.com.

[11] Schiffman, L.G dan Leslie Lazar Kanuk. 2010. Consumer Behavior tenth Edition. Pearson Education.

[12] Soheh & Walujo. 2010. Efektifitas Tabloid Komunika Sebagai Media Diseminasi Informasi bagi pegawai Puslitbang Postel dan Puslitbang Uptel SKDI Badan Litbang SDM Depkominfo. Jurnal Komunikologi Volume 7 No.2. Jakarta.

[13] Sisrazeni. 2017. Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Interaksi Sosial Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Tahun 2016/2017 IAIN Batusangkar.