Analisis Usability pada Website Narasi.tv Menggunakan Metode Unmoderated Remote Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)

Main Article Content

Annisa Wahidhatun Ni'mah Al Kautsar
Tenia Wahyuningrum

Abstract

Kebutuhan manusia dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di era saat ini sudah sampai dalam lingkup yang sangat luas. Website adalah salah satu contoh media yang sering digunakan oleh manusia untuk memfasilitasi interaksi mereka untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu website yang menyediakan beragam informasi seputar kejadian terkini, baik yang sedang terjadi di Indonesia maupun yang sedang terjadi di berbagai negara adalah Narasi.tv milik PT. Narasi Citra Sahwahita. Tercatat pada website SimilarWeb, terdapat sebanyak 81.600 pengguna yang telah mengunjungi website Narasi.tv per April 2022. Hal tersebut membuktikan bahwa pemanfaatan suatu website sebagai sumber informasi memegang peran yang penting untuk keberhasilan suatu perusahaan. Akan tetapi, dalam pemanfaatannya masih banyak website yang mengalami suatu kendala sehingga menyebabkan kurangnya rasa puas yang dialami oleh pengguna saat mengunjungi website tersebut. Untuk itu, perlu dilakukan upaya pengujian usability guna mengetahui tingkat usability pada website Narasi.tv. Penelitian ini menggunakan Unmoderated Remote Usability Testing sebagai metode pengujian dan untuk upaya perhitungan tingkat usability yaitu User Experience Questionnaire (UEQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat usability pada website Narasi.tv serta memberikan rekomendasi desain kepada perusahaan berdasarkan hasil pengukuran. Teknik uji yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan One Sample T Test yang dihitung menggunakan SPSS. Hasil perhitungan pada kuesioner UEQ menghasilkan skor pada kategori Attractiveness (daya tarik) sebesar 1,344. Kategori Perspicuity (kejelasan) menghasilkan skor rata-rata 1,408. Kategori Efficiency (efisiensi) menghasilkan skor rata-rata 1,358. Kategori Dependability (ketepatan) menghasilkan skor rata-rata 1,308. Kategori Stimulation (stimulasi) menghasilkan skor rata-rata 1,375. Serta pada kategori Novelty (kebaruan) menghasilkan skor rata-rata 0,475.

Article Details

Section
Articles