Analisis Usability pada Website Narasi.tv Menggunakan Metode Unmoderated Remote Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)
Main Article Content
Abstract
Kebutuhan manusia dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di era saat ini sudah sampai dalam lingkup yang sangat luas. Website adalah salah satu contoh media yang sering digunakan oleh manusia untuk memfasilitasi interaksi mereka untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu website yang menyediakan beragam informasi seputar kejadian terkini, baik yang sedang terjadi di Indonesia maupun yang sedang terjadi di berbagai negara adalah Narasi.tv milik PT. Narasi Citra Sahwahita. Tercatat pada website SimilarWeb, terdapat sebanyak 81.600 pengguna yang telah mengunjungi website Narasi.tv per April 2022. Hal tersebut membuktikan bahwa pemanfaatan suatu website sebagai sumber informasi memegang peran yang penting untuk keberhasilan suatu perusahaan. Akan tetapi, dalam pemanfaatannya masih banyak website yang mengalami suatu kendala sehingga menyebabkan kurangnya rasa puas yang dialami oleh pengguna saat mengunjungi website tersebut. Untuk itu, perlu dilakukan upaya pengujian usability guna mengetahui tingkat usability pada website Narasi.tv. Penelitian ini menggunakan Unmoderated Remote Usability Testing sebagai metode pengujian dan untuk upaya perhitungan tingkat usability yaitu User Experience Questionnaire (UEQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat usability pada website Narasi.tv serta memberikan rekomendasi desain kepada perusahaan berdasarkan hasil pengukuran. Teknik uji yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan One Sample T Test yang dihitung menggunakan SPSS. Hasil perhitungan pada kuesioner UEQ menghasilkan skor pada kategori Attractiveness (daya tarik) sebesar 1,344. Kategori Perspicuity (kejelasan) menghasilkan skor rata-rata 1,408. Kategori Efficiency (efisiensi) menghasilkan skor rata-rata 1,358. Kategori Dependability (ketepatan) menghasilkan skor rata-rata 1,308. Kategori Stimulation (stimulasi) menghasilkan skor rata-rata 1,375. Serta pada kategori Novelty (kebaruan) menghasilkan skor rata-rata 0,475.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
[1] S. S. Yoga Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry, “Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indinesia dan Perkembangan Teknologi Komunikasi,” 2018.
[2] M. S. Hartawan, “Analisis User Experience Untuk User Interface Pada Website FORTIS.ID,” 2019.
[3] Y. Wahyudin and D. N. Rahayu, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 3, pp. 26–40, Oct. 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i3.74.
[4] Tjin Cindy Nevada Giovana Yamin, “Model Bisnis Media Online: Studi Kasus Inovasi Media Online Narasi. TV,” 2019, [Online]. Available: https://kc.umn.ac.id/13074/
[5] SimilarWeb, “Tampilan Website SimilarWeb,” 2022. https://pro.similarweb.com/?workspace=marketing&feature=media_buying#/digitalsuite/websiteanalysis/overview/website-performance/narasi.tv/*/999/3m?webSource=Total
[6] D. Pangastuti, M. Haviz, and M. Son, “Analisis Usability Website Universitas Tridinanti Palembang Menggunakan Metode Website Usability Evaluation Tool.” [Online]. Available: http://www.univ-tridinanti.ac.id/.
[7] D. Fatrianto Suyatno and I. Hanim Rochana, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Website Dengan Menggunakan Usability Testing.” [Online]. Available: http://if.unesa.ac.id.
[8] A. Relawati, Y. Primanda, and G. M. Zamroni, “Unmoderated Remote Usability Testing: An Approach during Covid-19 Pandemic.” [Online]. Available: www.ijacsa.thesai.org
[9] R. Umar, A. Z. Ifani, F. I. Ammatulloh, and M. Anggriani, “Analisis Sistem Informasi Web LSP UAD Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” METHOMIKA J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 4, no. 2, pp. 173–178, Oct. 2021, doi: 10.46880/jmika.Vol4No2.pp173-178.
[10] S. Rasio Henim and R. Perdana Sari, “Jurnal Politeknik Caltex Riau Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” 2020. [Online]. Available: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/
[11] T. K. Ahsyar, A. Jakawendra, and S. Syaifullah, “Analisa Usability Website Berita Online Menggunakan Metode User Centered Design,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 165–172, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/9822.
[12] G. Putu, A. P. Wulantari, N. Kadek, A. Wirdiani, and P. Wira Buana, “Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT.X),” 2021.
[13] J. Manajemen Informatika, A. Astriany Rizky, I. Ramdhani, T. Informatika Politeknik Piksi Ganesha, and M. Informatika Politeknik Piksi Ganesha, “J A M I K A Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL di PT. RIA INDAH MANDIRI”.
[14] L. Hardiansyah and K. Iskandar, “Perancangan User Experience Website Profil Dengan Metode The Five Planes (Studi kasus: BP3K Kecamatan Mundu),” J. Ilm. INTECH (Information Technol. Journal) UMUS, vol. 01, no. 01, pp. 11–21, 2019.
[15] A. DI STKIP PGRI PACITAN Akbarullah, M. Suyanto, J. Ring Roud Utara, and C. Catur, “Evaluasi User Experience Pada Sistem Informasi.”
[16] K. F. Sanjiwani, A. A. Kompiang, O. Sudana, I. Putu, and A. Dharmaadi, “Pengembangan UI dan UX SIMRS Pada Bagian Front Office,” 2020.
[17] J. Sains, D. Teknologi, P. Sukmasetya, A. Setiawan, and E. R. Arumi, “Penggunaan Usability Testing Sebagai Alat Evaluasi Website KRS Online Pada Perguruan Tinggi”.
[18] F. W. Kardbri, D. Dwi, J. Suwawi, and A. Herdiani, “Perancangan User Interface Fitur SAN Class untuk Guru pada Aplikasi SANEDU Menggunakan Metode Goal-Directed Design.”
[19] A. Yudano Perdana Putra and B. W. Soedijono A, “Evaluasi Tingkat Usability Website KPPN Kabupaten ABC Menggunakan Prinsip Usability”.
[20] B. Bağan, “Web Page Redesign With the User Experience Component of Usability: The TKSD Case Study.”
[21] N. Saputra et al., “Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna PaTik BALI Dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” vol. 8, no. 2, pp. 217–226, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202182763.
[22] M. Azman Maricar, D. Pramana, D. R. Putri, and P. Korespondensi, “Evaluasi Penggunaan SLiMS Pada E-Library Dengan Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” vol. 8, no. 2, pp. 319–328, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202184443.
[23] S. Fauziah Novitasari, Y. T. Mursityo, and A. N. Rusydi, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada E-Commerce SOCIOLLA.COM Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ),” 2020.