Analisa Persepsi Customer Feedback e-commerce Tokopedia dan Bukalapak Menggunakan Text Network Analysis

Main Article Content

Made Kevin Bratawisnu
Rudi Rinaldi
Muhamad Fulki Firdaus

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah membawa peluang bagi bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Pengguna media. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk sosial yang semakin meningkat setiap tahunnya menjadikan media sosial menjadi tools perusahaan untuk melihat konsumennya. Perusahaan harus mengetahui analisis media sosial dengan cara yang tepat sesuai dengan rencana bisnis perusahaan. Pemakaian media sosial oleh pengguna telah menghasilkan data jejak keseharian individu dimana terdapat pandangan seseorang terhadap suatu obyek. Data yang terkumpul dengan ukuran yang besar dalam media sosial dan bersifat kompleks tersebut adalah big data. Pemanfaatan social computing dapat digunakan untuk menganalisis pola yang terdapat pada big data. Salah satu tool dari social computing yaitu Text Network Analysis (TNA) adalah teknik penelitian yang berfokus pada identifikasi dan membandingkan hubungan jaringan antara kata, kalimat dan sistem untuk memodelkan interaksi yang menghasilkan pengetahuan atau informasi yang baru. Dalam penelitian ini Text Network Analysis (TNA) akan menunjukkan asosiasi persepsi konsumen melalui customer feedback yang diberikannya pada media social terrhadap e-commerce Consumer to Consumer (C2C) terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia dan Bukalapakmendeskripsikan karakteristik dari suatu objek, orang, grup, organisasi atau lingkungan yang menggambarkan situasi atau kejadian tertentu. Data pada penelitian ini yaitu data sekunder dengan cara crawling data pada media sosial Twitter dengan menggunakan metode analisis yaitu Text Network Analysis (TNA). Hasil asosiasi persepsi dari pengolahan data di media sosial melalui Text Network Analysis (TNA) dapat digunakan bisnis e-commerce sebagai marketing intelligence.

Article Details

Section
Volume 02 Nomor 01

References

[1] (2017) We Are Social website, [Online], https://wearesocial.com/special-reports/digital-southeast-asia-2017/, tanggal akses: 25 Oktober 2017.

[2] Mangold dan Faulds, Social Media: The New Hybrid Element of The Promotion Mix, US: Business Horizons, 2009.

[3] (2016) Sharing Vision website, [Online], https://sharingvision.com/bisnis-ecommerce-di-indonesia/, tanggal akses: 26 Oktober 2017.

[4] A. Alamsyah, œThe Role of Social Network Analysis for Knowledge Management, Jurnal Manajemen Indonesia, 12(4), 309-314, 2013

[5] S. Hunter, œA Novel Method of Network Text Analysis, Open Journal of Modern Linguistics, 4, 350-366, 2014.

[6] J. Hurwitz, A. Nugent, F. Halper, dan M. Kaufman, Big Data For Dummies, Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, Inc., 2013.

[7] F. Provost & T. Fawcett, Data Science for Business, 1005 Gravenstein Highway North, Sebastopol: OReilly Media, Inc., 2013.

[8] E. Dumbill, Big Data Now: 2012 Edition. œWhat Is Big Data?, USA: OReilly Media, Inc., 2012.

[9] (2013) Marketing website, [Online], http://www.marketing.co.id /usergenerated-content/, tanggal akses: 29 Oktober 2017.

[10] M. F. Moens, J. Li, & T. S. Chua, Mining User Generated Content. Boca Raton: CRC Press, 2014.

[11] M. S. OHern dan L. R. Kahle, œThe Empowered Customer: UserGenerated Content and The Future of Marketing, Journal Global Economics and Management Review, 18, 22-30, 2013.

[12] H. Liu, J. J. Salerno, M. Young, Social Computing and Behavioral Modeling, USA: Phoenix Arizona, 2009.

[13] Punie, œThe Socio-Economic Impact on Social Computing. Proceedings Paper A Validation and Policy Options Workshop, 2008.

[14] D. I. Hawkins, & D. L. Mothersbaugh, Consumer Behavior : Building
Marketing Strategy, United States: Paul Ducham, 2010.

[15] D. Armano, Customer Perception, US:Darmano, 2010.

[16] U. Sekaran, Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Jakarta: Salemba
Empat, 2011

[17] R. Indrawan, & P. Yaniawati, Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, Bandung: Refika Aditama, 2014

[18] S.Raka, Data Preprocessing, Florida: University Florida, 2003

[19] F. Herrera, Data Preprocessing. Summer Training : Big Data Meets
Machine Learning, Poland, 2015