PENGUKURAN FAKTOR ADOPSI INSTANS MESSAGING SEBAGAI PLATFORM LAYANAN AKADEMIK INSTITUSI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN TECNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PENGUKURAN FAKTOR ADOPSI INSTANS MESSAGING SEBAGAI PLATFORM LAYANAN AKADEMIK INSTITUSI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN TECNOLOGY ACCEPTANCE MODEL
Main Article Content
Abstract
Institusi pendidikan sebagai lembaga yang memiliki tujuan dan peranan dalam memberikan pengajaran dan penanaman nilai kehidupan kepada peserta didik. Selain memberikan layanan berupa akademik, dalam Institusi pendidikan juga memiliki dan interaksi antara sekolah, guru dan orang tua peserta didik. Masa pandemi meninggalkan kisah kelam bagi institusi pendidikan, diantaranya ancaman kualitas pendidikan yang memberikan pengaruh pada masa depan pendidikan di Indonesia. Optimalisasi layanan akademik yang dilakukan adalah mempertahankan adanya komunikasi sebagai bentuk interaksi antara pihak sekolah (guru), murid/siswa dan walimurid. Hal ini diwujud nyatakan dengan menjadikan instans messaging sebagai platform layanan akademik guna mengetahui kemajuan belajar peserta didik oleh hampir seluruh institusi pendidikan di Indonesia (Sekolah). Penggunaan instant messaging dilakukan oleh institusi pendidikan hingga saat ini. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan instant messaging sebagai bagian dari layanan akademik instusti pendidikan khususnya terkait dengan akademik peserta didik. Penelitian pengukuran faktor adopsi instant messaging dilakukan dengan menggunakan variabel yang terdapat dalam model TAM, teknik analisa menggunakan SEM dan tools SMART PLS. Penelitian ini mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat adopsi instant messaging dilingkungan institusi pendidikan dan menghasilkan enam hipotesis yang diterima.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of an original manuscript to the journal will be taken to mean that it represents originality work not previously published. Please see JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) originality guidelines for details. Use this in conjunction with the points below about references, before submission i.e. always attribute clearly using either indented text or quote marks as well as making use of the preferred IEEE style of formatting. Authors submitting articles for publication warrant that the work is not an infringement of any existing copyright and will indemnify the publisher against any breach of such warranty. For ease of dissemination and to ensure proper policing of use, papers and contributions become the legal copyright of the publisher unless otherwise agreed.
The editor may make use of Thurnitin software for checking the originality of submissions received.