PENGUKURAN FAKTOR ADOPSI INSTANS MESSAGING SEBAGAI PLATFORM LAYANAN AKADEMIK INSTITUSI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN TECNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PENGUKURAN FAKTOR ADOPSI INSTANS MESSAGING SEBAGAI PLATFORM LAYANAN AKADEMIK INSTITUSI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN TECNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Main Article Content

Dwi Fatrianto Suyatno
Ardhini Warih Utami

Abstract

Institusi pendidikan sebagai lembaga yang memiliki tujuan dan peranan dalam memberikan pengajaran dan penanaman nilai kehidupan kepada peserta didik. Selain memberikan layanan berupa akademik, dalam Institusi pendidikan juga memiliki dan interaksi antara sekolah, guru dan orang tua peserta didik.  Masa pandemi meninggalkan kisah kelam bagi institusi pendidikan, diantaranya ancaman kualitas pendidikan yang memberikan pengaruh pada masa depan pendidikan di Indonesia. Optimalisasi layanan akademik yang dilakukan adalah  mempertahankan adanya komunikasi sebagai bentuk interaksi antara pihak sekolah (guru), murid/siswa dan walimurid. Hal ini diwujud nyatakan dengan menjadikan instans messaging sebagai platform layanan akademik guna mengetahui kemajuan belajar peserta didik oleh hampir seluruh institusi pendidikan di Indonesia (Sekolah). Penggunaan instant messaging dilakukan oleh institusi pendidikan hingga saat ini. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan instant messaging sebagai bagian dari layanan akademik instusti pendidikan khususnya terkait dengan akademik peserta didik. Penelitian pengukuran faktor adopsi instant messaging dilakukan dengan menggunakan variabel yang terdapat dalam model TAM, teknik analisa menggunakan SEM dan tools SMART PLS. Penelitian ini  mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat adopsi instant messaging dilingkungan institusi pendidikan dan menghasilkan enam hipotesis yang diterima.

Article Details

Section
Articles