Rancang Bangun Penerapan Teknologi SMS Gateway Terintegrasi Mesin Biometrik pada Sistem Informasi Akademik

Main Article Content

Ahmad Fauzi
Eko Harli

Abstract

Proses penyebaran informasi yang cepat menjadi sebuah keharusan pada masyarakat modern sekarang ini. Dalam dunia pendidikan penyebaran informasi dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi SMS Gateway, salah satunya adalah SMK Negeri 1 Depok yang memanfaatkan teknologi SMS-Gateway pada Sistem Informasi Akademik, namun sistem yang berjalan masih kurang efektif untuk data absensi siswa, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan mesin biometric yang terintegerasi dengan sistem akademik, sehingga sistem akademik mendapatkan data yang realtime, untuk dapat diolah dan disebarluaskan melalui SMS informasi ketidak hadiran siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan ditunjang metode pengembangan perangkat lunak Rapid Application Development dalam pembuatan sistem. Untuk integrasi data, penelitian ini menggunakan library opensource java yang bernama beanIO agar data yang didapat dari mesin biometric dapat diolah dengan mudah. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan mesin biometrik sidikjari pada proses absensi siswa dapat meminimalisir keslahan dan mempercepat proses penyebaran informasi ketidak hadiran siswa kepada orangtua.

Article Details

Section
Volume 01 Nomor 02
Author Biography

Ahmad Fauzi, Univer

Informatika

References

[1] A. Ibrahim, œPengembangan Sistem Informasi Monitoring Tugas Akhir Berbasis Short Message Service (SMS) Gateway di Fasilkom Unsri, Jusi, vol. 1, no. 2, pp. 8192, 2011.

[2] SIHOTANG, Fransiska Prihatini; JUMEILAH, Fithri Selva. Pengembangan SMS Gateway Layanan Informasi Akademik di STMIK GI MDP. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 58 - 63, aug. 2017. ISSN 2580-0760. Available at:

[3] FAUZI, Ahmad; HARLI, Eko. Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS Gateway dengan Metode Rapid Application Development. URECOL, [S.l.], sep. 2017. Available at: .

[4] Persada, Satria, at all. (2013). Toward Paperless Public Announcement on Environmental Impact Assessment (EIA) through SMS Gateway in Indonesia. International Conference on Sustainable Future for Human Security4th pp 271-279.

[5] Gat, œIntegrasi Fingerprint System Dengan Real Time Absensi Dosen Berbasis Web ( Studi Kasus‰: STMIK Pontianak ), Cogito Smart J., vol. 2, no. 2, pp. 135146, 2016.

[6] Sutanta, E., & Ashari, A., 2012, Distribusi Basis Data Kependudukan untuk Optimalisasi Akses Data: Suatu Kajian Pustaka, Jurnal Ilmu Komputer, no 5, vol 1, hal 1-9.

[7] H. Indriyawati, œANALISIS SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS SMS GATEWAY PADA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS SEMARANG, Jurnal. Transformatika., vol. 13, no. 1, pp. 812, 2015.

[8] Parlika, Rizky, Et al (2014), Sistem Absensi Sidik Jari Terintegrasi SMS Gateway Berbasis Desktop Menggunakan Visual Basic dan Mysql, dari world wide web: http://eprints.upnjatim.ac.id/6415/1/Vol9No2Juni2014_-
_Paper_2_Rizky_Parlika_dkk.pdf.

[9] Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:
PT.Remaja Rosdakarya.

[10] Pressman, Roger S. 2012. Software Engineering: a practitioners approach, 7th Edittion. New Work: Mcgraw-Hill.

[11] Kosasi S. Penerapan Rapid Application Development Dalam Sistem
Perniagaan Elektronik Furniture. Citec J. 2015;2(4):26576.