Sentimen Analisis Terhadap Kaum Gay Pada Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes

Main Article Content

Agnes Pramitha
Endang Supriyati
Tri Listyorini

Abstract

Saat ini gay menjadi fenomena isu yang banyak diperbincangkan. Isu-isu gay tersebut beredar di media sosial yang menimbulkan berbagai macam perspektif bagi masyarakat. Apalagi akhir-akhir ini banyak kasus gay di Indonesia yang menimbulkan pro dan kontra. Untuk mengetahui perspektif masyarakat terhadap gay berdasarkan sentimen masyarakat melalui Twitter, maka penulis mencoba untuk membuat analisa sentimen berupa pandangan positif, negatif, maupun netral dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Analisa dilakukan menggunakan tools berupa Microsoft Excel dan Pycharm dengan bahasa pemrograman Python.  Hasil analisa yang dilakukan menggunakan klasifikasi Naïve Bayes menunjukkan polaritas sentimen negatif 150,5%, netral  12,6%, dan positif 0,4%. Dari 1635 data yang diambil, tweet yang bernilai negatif sesuai hasil polaritas sebanyak 1505, dengan tingkat akurasi sebesar 93%. <w:LsdException Locke

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Tri Listyorini, Universitas Muria Kudus

Program Studi Teknik Informatika

References

E. N. Novianta, Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember, vol. 1, no. 3. 2018.

S. Amalia, œBaju Adat, Kuda, Lumping dan Bendera Pelangi:LGBT Indonesia Rayakan Paris Pride, Magdalene, 2019. https://magdalen.co/story/kelompok-lgbt-indonesia-ikut-serta-dalam-paris-pride.

D. Prastiwi, œ5 Fakta Terbaru Kasus Dugaan Pesta Seks Gay Usai Penggrebekan, Liputan6, 2020. https://m.liputan6.com/news/read/4347132/5-fakta-terbaru-kasus-dugaan-pesta-seks-gay-usai-penggrebekan.

H. Simorangkir and K. M. Lhaksmana, œAnalisis Sentimen pada Twitter untuk Games Online Mobile Legends dan Arena of Valor dengan Metode Naïve Bayes Classifier, e-proceeding of Englineering, vol. 5, no. 3, pp. 81318140, 2018, [Online]. Available: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/144621/jurnal_eproc/analisis-sentimen-pada-twitter-untuk-games-online-mobile-legends-dan-arena-of-valor-dengan-metode-na-ve-bayes-classifier.pdf.

M. Y. Aldean, M. D. Hilmawan, R. Indriyati, and J. Lasama, œAnalisa Relevansi Tweet terhadap Hashtag dengan Metode Logistic Regression, Centive, vol. 2, no. 1, pp. 3238, 2019.

A. Sentimen, M. Pada, and M. Ridwan, œ- 0 3 7, 2019.

V. A. Fitri, R. Andreswari, and M. A. Hasibuan, œSentiment analysis of social media Twitter with case of Anti-LGBT campaign in Indonesia using Naïve Bayes, decision tree, and random forest algorithm, Procedia Comput. Sci., vol. 161, pp. 765772, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.181.

I. Kurniawan and A. Susanto, œImplementasi Metode K-Means dan Naïve Bayes Classifier untuk Analisis Sentimen Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Eksplora Inform., vol. 9, no. 1, pp. 110, 2019, doi: 10.30864/eksplora.v9i1.237.