ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PENGGEMAR K-POP DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN NAIVE BAYES (STUDI KASUS PENGGEMAR GRUP BTS)

Main Article Content

Puji Nurmawati
Endang Supriyati
Tri Listyorini

Abstract

Abstrak” Perkembangan Twitter sebagai platform yang digandrungi masyarakat terbukti dengan data Statista [1]  yang menunjukkan bahwa Indonesia  peringkat tujuh di dunia dengan banyak pengguna mencapai 13.2 juta. Banyak pengguna mengutarakan pendapat di dalam Twitter. Termasuk juga dengan ujaran kebencian hingga perundungan. Menjadikan penggemar BTS atau yang biasa disebut Army sebagai objek analisis karena grup BTS yang telah mendunia ini memiliki pengikut yang cukup banyak di Twitter yakni 31 juta pengikut. Karena hal ini maka analisis sentimen dilakukan Kesulitan dalam melakukan analisis data yang begitu banyak dari Twitter jika dilakukan dengan cara manual, maka dari itu komputerisasi dibutuhkan. Menggunakan sebuah program yang dibuat dengan bahasa pemograman Python analisis dapat dilakukan lebih efektif dan efisien. Dari analisis yang dilakukan menggunakan klasifikasi algoritma Naïve Bayes terdapat polaritas sentimen negatif sebanyak 34,2%, netral 58,5%, dan positif 7,3%. Dari 1000 data yang diambil sesuai hasil polaritas tweet yang bernilai negatif sesuai hasil polaritas sebanyak 342. Dengan tingkat akurasi sebesar 75%. Dari penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam proses analisis sentimen dan sesuai dalam mengatasi masalah yang ada.

 

Article Details

Section
Articles

References

J. Clement, statistics/number-of-active-Twitter-users-in-selectedcountries, 29 Oktober 2020. [Online]. Available:https://www.statista.com.

A. Priadana och A. W. Murdiyanto, Pemantauan Tren Hashtag pada Instagram Menggunakan Web Scraping, Jurnal Pekommas, 2020.

G. A. Buntoro, Analisis Sentimen Calon Gubernur DKI Jakarta 2017 Di Twitter, Integer Journal, pp. 32-41, 2017.

F. M. Matulatuwa, Text Mining Dengan Metode Lexicon Based Untuksentiment Analysis Pelayanan Pt. Pos Indonesia Melalui Media Sosial Twitter, Jurnal Masyarakat Informatika Indonesia, 2017.

E. Putra, Klasifikasi Sentimen Masyarakat Terhadap Transgender Berdasarkan Komentar Di Instagram Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2019.

N. Y. Faradillah, R. P. Kusumawardani och I. Hafidz, EKSPERIMEN SISTEM KLASIFIKASI ANALISA SENTIMEN TWITTER PADA AKUN RESMI PEMERINTAH KOTA SURABAYA BERBASIS PEMBELAJARAN MESIN, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2016.

W. Nurjanah, R. S. Perdana och M. A. Fauzi, Analisis Sentimen Terhadap Tayangan Televisi Berdasarkan Opini Masyarakat pada Media Sosial Twitter menggunakan Metode K-Nearest Neighbor dan Pembobotan Jumlah Retweet, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. I, pp. 1750-1757, 2017.