Pemanfaatan Wireshark untuk Sniffing Komunikasi Data Berprotokol HTTP pada Jaringan Internet

Main Article Content

Zaky Maula Luthfansa
Ulla Delfana Rosiani

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang dengan cepat terutama dalam teknologi internet. Hampir semua perangkat sekarang terhubung dengan koneksi internet. Karena semakin luasnya pengguna internet, maka tingkat keamanan terutama dalam pengiriman data sangat perlu diperhatikan. Ada banyak cara untuk melakukan penyadapan paket data yang terjadi pada jaringan internet salah satunya adalah sniffing. sniffing adalah salah satu teknik dalam penyadapan komunikasi data, Sniffing bisa memonitoring setiap komunikasi data yang terjadi pada jaringan internet baik itu protokol HTTP, TLS, ARP, DNS dan lain-lain. Dalam penelitian ini, teknik sniffing akan dilakukan dengan perangkat lunak Wireshark pada komunikasi data berprotokol HTTP. Wireshark akan menangkap informasi dari komunikasi data yang terjadi pada Wireless, dan melakukan penyaringan informasi dan hanya fokus kepada informasi komunikasi data berprotkol HTTP. Pada protokol HTTP ini akan menghasilkan data POST yang memuat informasi penting seperti username dan password. Hasil dari penelitian adalah melakukan penyadapan jaringan internet dengan Wireshark dapat mengambil informasi data penting yang mengakibatkan hilangnya salah satu sifat keamanan pada jaringan internet yaitu data privasi.

Article Details

Section
Articles

References

M. Ferdy Adriant and Is Mardianto, œImplementasi Wireshark Untuk Penyadapan (Sniffing) Paket Data Jaringan, Semin. Nas. Cendekiawan, pp. 224228, 2015

P. T. Mahmud, œSniffing Jaringan Menggunakan Wireshark, pp. 58, 2020, doi: 10.31219/osf.io/h5wu7.

D. Susianto and A. Rachmawati, œIMPLEMENTASI DAN ANALISIS JARINGAN MENGGUNAKAN WIRESHARK , CAIN AND ABELS , NETWORK MINNER ( Studi Kasus¯: AMIK Dian Cipta Cendikia ), J. Cendikia, vol. XVI, pp. 120125, 2018.

I. Riadi, R. Umar, and I. Busthomi, œOptimasi Keamanan Autentikasi dari Man in the Middle Attack ( MiTM ) Menggunakan Teknologi Blockchain, vol. 04, no. June, pp. 1519, 2020.

E. M. Putra, B. Tujni, and E. S. Negara, œAnalisis Kemanan Jaringan Internet ( Wifi ) dari Serangan Packet Data Sniffing Di Universitas Muhammadiyah Palembang, pp. 111.

A. A. Zabar and F. Novianto, œKeamanan Http Dan Https Berbasis Web Menggunakan Sistem Operasi Kali Linux, Komputa  J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, pp. 6974, 2015, doi: 10.34010/komputa.v4i2.2427.

J. Danandjaja, œMetode Penelitian Kepustakaan, Antropol. Indones., 2014, doi: 10.7454/ai.v0i52.3318.

A. Firdaus, S. Widodo, A. Sutrisman, S. G. F. Nasution, and R. Mardiana, œRancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Web Service Pada Jurusan Teknik Komputer Polsri, J. Inform., vol. 5, no. 24071730, p. 83, 2019.