Analisis Sentimen Mengenai Layanan Provider Indihome Berdasarkan Pendapat Pelanggan Melalui Media Sosial Twitter dengan Metode Naïve Bayes Classifier

Main Article Content

Afif Nor Yusuf
Endang Supriyati
Tri Listyorini

Abstract

Abstrak” Analisis sentimen ialah sesuatu studi yang kala ini banyak diminati oleh bermacam berbagai kalangan. Dokumen ataupun opini yang terdapat di media sosial sanggup digunakan untuk analisis sentimen. Data media sosial yang biasanya digunakan untuk analisis sentimen adalah Twitter. Sebelum suatu data diklasifikasikan, butuh dilakukan untuk proses preprocessing yang merupakan tahap untuk menghasilkan data yang lebih terstruktur. Ada pula metode yang biasanya digunakan untuk analisis sentimen adalah Naïve Bayes Classifier. Naïve Bayes Classifier bisa digunakan untuk mengategorikan suatu opini ke dalam opini positif, opini negatif dan opini netral. Tidak hanya itu, metode ini mengenakan data training dalam proses pengklasifikasian. Hasil dari metode naïve bayes sangat baik. Untuk menguji tingkatan keakuratan sistem dalam mengklasifikasi opini, sehingga pengujian memperoleh hasil klasifikasi. Hasil dari klasifikasi memperoleh hail rata-rata 74,5%. Semakin banyak data training yang mirip dengan data testing maka hasil klasifikasi akan lebih bagus.

Article Details

Section
Articles

References

P. S. M. Suryani, L. Linawati, and K. O. Saputra, œPenggunaan Metode Naïve Bayes Classifier pada Analisis Sentimen Facebook Berbahasa Indonesia, Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 18, no. 1, p. 145, 2019, doi: 10.24843/mite.2019.v18i01.p22.

N. Haqqizar and T. N. Larasyanti, œAnalisis Sentimen Terhadap Layanan Provider Telekomunikasi Telkomsel Di Twitter Dengan Metode Naïve Bayes, no. November 2017, pp. 20172020, 2019.

F. Ratnawati, œImplementasi Algoritma Naive Bayes Terhadap Analisis Sentimen Opini Film Pada Twitter, INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 3, no. 1, p. 50, 2018, doi: 10.35314/isi.v3i1.335.

S. Gusriani, K. D. K. Wardhani, and M. I. Zul, œAnalisis Sentimen Terhadap Toko Online di Sosial Media Menggunakan Metode Klasifikasi Naïve Bayes (Studi Kasus: Facebook Page BerryBenka),4th Appl. Bus. Eng. Conf., vol. 1, no. 1, pp. 17, 2016

F. Nurhuda and S. W. Sihwi, œAnalisis Sentimen Masyarakat terhadap Calon Presiden Indonesia 2014 berdasarkan Opini dari Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier, ITSmart J. Ilm. Teknol. dan Inf., vol. 2, no. 2, pp. 3542, 2014.

N. A. Lestari and J. Timur, œMETODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER DENGAN TEXTBLOB UNTUK ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PELAYANAN, vol. 4, no. September, 2020.

R. Tineges, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, œAnalisis Sentimen Terhadap Layanan Indihome Berdasarkan Twitter Dengan Metode Klasifikasi Support Vector Machine (SVM), J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 3, p. 650, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2181.

H. A. Santoso, E. H. Rachmawanto, A. Nugraha, A. A. Nugroho, D. R. I. M. Setiadi, and R. S. Basuki, œHoax classification and sentiment analysis of Indonesian news using Naive Bayes optimization, Telkomnika (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 18, no. 2, pp. 799806, 2020, doi: 10.12928/TELKOMNIKA.V18I2.14744.

E. Supriyati and M. Iqbal, œPengukuran Similarity Tema Pada Juz 30 Al Quran Menggunakan Teks Klasifikasi, Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 361370, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.1955.