Pengembangan Media Pembelajaran Digital Sistem Distribusi Energi Listrik Berbasis Pemahaman Konsep bagi Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang
DOI:
https://doi.org/10.26740/inajeee.v2n2.p14-22Keywords:
Media Pembelajaran, Distribusi, Pemahaman Konsep, Energi Baru dan TerbarukanAbstract
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Merancang dan membuat media pembelajaran digital sistem distribusi energi listrik berbasis pemahaman konsep pada pembelajaran energi baru terbarukan di TE UM; (2) Merancang dan membuat simulasi sistem distribusi energi listrik berbasis pemahaman konsep pada pembelajaran energibaru terbarukan di TE UM; (3) Menguji kelayakan media pembelajaran digital sistem distribusi energi listrik berbasis pemahaman konsep pada pembelajaran energi baru terbarukan di TE UM. Pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan lima tahap penelitian dan pengembangan. Uji kelayakan bahan ajar dilakukan oleh 2 (dua) dosen ahli Teknik Elektro, mahasiswa S1 TE angkatan 2015 dan mahasiswa S1 TE angkatan 2016 untuk megevaluasi kelayakan media pembelajaran digital dan simulasi menggunakan instrumen berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran digital energi terbarukan tentang sistem distribusi tenaga listrik pembangkit energi terbarukan memperoleh persentase sebesar 83,4% dari 2 (dua) dosen ahli yang artinya produk layak digunakan dengan sedikit revisi, 86% dari 10 (sepuluh) mahasiswa S1 TE 2015 yang artinya produk sangat layak untuk digunakan, sedangkan dari mahasiswa S1 TE 2016 memperoleh 88% yang artinya produk sangat layak digunakan tanpa ada revisi lagi.
Downloads
Published
2019-08-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 INAJEEE : Indonesian Journal of Electrical and Electronics Engineering

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

