Sistem Proteksi Motor Berbasis Motor Manajemen Relay GE Multilin SR469 pada Motor Primary Air Fan di PLTU PAITON Unit 7

Authors

  • Widi Aribowo Universitas Negeri Surabaya
  • Igo Nanda Deka Zaymapa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/inajeee.v2n2.p1-8

Keywords:

proteksi, managemen relay, SR469, motor, PLTU.

Abstract

Energi listrik adalah hal yang paling vital dalam seluruh aktivitas kehidupan manusia  guna  meningkatkan  kesejahteraan  dan  kemakmuran  hidup.  Energi listrik  mempermudah  dalam  pemenuhan  kebutuhan hidup. hal ini  mengingat  sifat dari energi listrik yang mudah dikonversikan ke bentuk energi yang lain, seperti energi cahaya, energi mekanik, energi kalor, dan sebagainya.  Hal ini menuntut suatu perusahaan kelistriktrikan dapat memenuhi kebutuhan akan listrik, menjaga kontinuitas pelayanan dan menjaga keandalan sistem tenaga listriknya. Sebagai salah satu pembangkit tenaga listrik, PLTU  Paiton harus beroperasi dan dapat menyuplai energi listrik yang diminta oleh PLN untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam mengoperasikan  dan memelihara PLTU  Paiton  Unit 7 dan  8, PT.  Paiton  Energi  mengikat  kerjasama  dengan PT. Paiton Operation and Maintenance Indonesia (PT. POMI) pada akhir 2006. Dalam pengoperasian pembangkit tentunya kondisi abnormal atau gangguan di sistem pembangkit menjadi masalah serius. Sehingga perlu adanya proteksi pada peralatan untuk melindungi peralatan dari gangguan. Salah satu peralatan yang harus dilindungi adalah motor. Di PLTU  Paiton, proteksi motor digunakan motor manegement relay tipe GE Multilin SR469 yang merupakan suatu relay proteksi motor berbasis mikroprosesor yang dapat menjalankan sistem proteksi sesuai algoritma yang ditanam di dalamnya.

References

[1] Bazir, Muhammad Azhar. Metode Starting Motor Induksi 3 Fasa Dengan Liquid Rotor Starter Pada Motor 342 Fn4 Mo1 4400 Kw Di Pt. Semen Gresik (Persero) Tbk [Laporan]. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 2017
[2] Laksono, Arif Dwi. Cara Kerja Dan Karakteristik Over Current Relay (Ocr) Pada Kubikle 20 Kv Di Gardu Induk Buduran Pt. Pln (Persero) Distrubusi Jawa Timur [Laporan]. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 2016.
[3] Pamungkas, Arya. Pemeliharaan Motor Listrik Pada Pompa Asam Sulfat (H 2 So 4 ) Produksi Pupuk Za Di Pt. Petro Kimia Gresik, Universitas Negeri Surabaya. 2016
[4] Ontario, Dkk. SR469 Management Relay Instruction Manual. Kanada: L6e 1b3. 2010.
[5] Dokumen Pt. Pjb Ubj Pltu Rembang.Data Primer. Rembang, 2016.
[6] GE Multilin manual book, 2010.
[7] Aribowo, W. "Focused Time Delay Neural Network For Tuning Automatic Voltage Regulator". EMITTER International Journal of Engineering Technology, Vol 7, No 1, Hal 34-43, 2019.

Downloads

Published

2019-08-29

Issue

Section

Articles
Abstract views: 794 , PDF Downloads: 762