Implementasi Sensor Suhu dan Kelembaban sebagai Inkubator Penetas Telur Ayam Lokal Berbasis Web Server

Authors

  • Aji Agusdika Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Purwanti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/inajeee.v2n2.p9-13

Keywords:

Inkubator, web server, realtime

Abstract

Budidaya penetasan telur bagi peternak ayam masih menggunakan cara konvensional atau masih menggunakan indukan ayam, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan mesin penetas telur. Mesin penetas telur merupakan mesin penetasan yang mempunyai prinsip kerja seperti pada induk ayam pada saat mengerami telur. Mesin penetas telur yang ada saat ini dalam memonitoring keadaan inkubator dapat dilakukan hanya dengan mengecek atau melihat alat ukur yang ada pada inkubator. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Rekayasa (Engineering). Tujuan dari penelitian ini adalah membuat inkubator penetas telur berbasis web server untuk mempermudah monitoring suhu dan kelembaban inkubator secara berkala atau realtime tanpa harus melihat keadaan pada inkubator

References

Suprijatna, E., œStrategi Pengembangan Ayam Lokal Di Indonesia, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang, 2010.
[2] Suprijatna, E., œPerformans Reproduktif Ayam Kampung Pada Pemberian Pakan Campuran Pakan Komersial dan Dedak Halus, Jurnal Pengembang Peternakan Tropis, 1998.
[3] Suprijatna, E., œPengaruh Cara Menghilangkan Sifat Mengeram Secara Tradisional Terhadap Performans Ayam Buras Melalui Wadah Koperasi Menyongsong PJPT II, Bandung: Universitas Negeri Padjadjaran, 1994.
[4] Nuryati, T. N., Sutarto, M. Khamin dan P. S. Hardjosworo., œSukses Menetaskan Telur, Penebar Swadaya, Jakarta, 1998.
[5] Shaifudin Sofyan, œSistem Monitoring Pengontrolan Temperatur Pada Inkubator Penetas Telur Berbasis PID, Jurusan Teknik Elektro, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2017.
[6] Nesheim, M. C., R. E. Austic dan L. E. Card, 1979. œPoultry Production, Lea and Febiger, Philadelphia, 1979.
[7] Tri-Yuwanta, œBeberapa Metode Praktis Penetasan Telur, Fakultas Peternakan UGM, Yogyakarta, 1983.
[8] Jufril, Dhanny., Darwison, B. R., Derisma, œImplementasi Mesin Penetas Telur Ayam Otomatis Menggunakan Metode Fuzzy Logic Control, SEMNASTEK, Jakarta: Universitas Muhamammadiyah Jakarta, 2015.
[9] Josthimani, A. Shirly, E. A., Manoj, G. K., and Karthikeyan, R., œImplementation of Smart Sensor Interface Network for Water Quality Monitoring in Industry using IoT, Indian Journal of Science and Technology, India: SRM Institut of Science and Teknologi, 2017.
[10] Sugiyono, œMetode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabet, 2016.

Downloads

Published

2019-08-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 563 , PDF Downloads: 565