Proses Pengukuran Pembuatan Baju Berbasis Android

Authors

  • Yois Balian Ilyasa Universitas Trunojoyo Madura
  • Miftachul Ulum Universitas Trunojoyo Madura
  • Achmad Fiqhi Ibadillah Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.26740/inajeee.v3n1.p1-4

Keywords:

Image Processing, Haar Casecade, Pengukuran Baju, Android

Abstract

Sudah banyak bermacam macam ukuran yang tersedia di pasaran. Namun sudah banyak juga orang yang lebih memilih membuat bajunya sendiri. Karena kebanyakan ukuran tiap orang berbeda-beda ataupun memang untuk kebutuhan kerja dan lainnya. Untuk mempermudah penjahit, bidang ilmu teknologi dan ilmu komunikasi memberikan kemudahan dengan menggunakan pengolahan citra untuk mengetahui ukuran badan seseorang yang meliputi (panjang lengan, tinggi baju, dan lingkar dada). Penelitian ini menggunakan rancang bangun proses pengukuran pembuatan baju yang berbasis android, yang akan memudahkan penjahit untuk mengukur setiap pelanggan tampa harus bertatap muka yang pastinya dengan waktu yang singkat dan efisien. Pada proses pengukuran menggunakan Image Processing dengan metode Haar Casecade dikombinasikan dengan data yang sebelumnya sudah di ketahui oleh penjahit. Pada penelitian ini menggunakan data acuan standart ukuran kemeja pria. Data acuan di gunakan untuk perbandingan ukuran antara panjang lengan, lebar dada, dan tinggi badan. Dari hasil penelitian menghasilkan rata-rata eror pada setiap parameter yaitu panjang lengan 8%, lebar dada 5%, dan tinggi badan 3%. Untuk akurasi pada setiap pengkuran paling tinggi adalah pada tinggi badan yaitu 97%.

References

[1] Nazori, Awaludin, œPrototype ukuran baju dengan teknik pengolahan citra digital, Jurnal ilmu computer, program pancasarjana Universitas Budi Luhur, Vol.6, No.2, 2014.
[2] Arina Fitritul Fajariyah, Riza Alvita, Haryanto, œAplikasi Penaksir Bobot Sapi Menggunakan Image Processing Berbasis Android, Jurnal Universitas Trunojoyo Madura, 2018.
[3] Erlinda Muslim, Boy Nurtjahyo Moch., Nauli Dwi Fileinti, Maya Arlini Puspasari, Triasni M. L. Sibarani & DeoG. N. Laksana, œThe Development of Standard Size for Clothes of Indonesian Boys Based on Anthropometric Data as a Reference to Formulate RSNI 0555, International Journal of Ergonomics (IJEG), Volume 4, 2014.
[4] Umam Khairul, Negara Benny Sukma, œDeteksi Obyek Manusia Pada Basis Data Video Menggunakan Metode Background Subtraction Dan Operasi Morfologi, Jurnal UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Jurnal CoreIT, Vol.2, No.2, 2016.
[5] Sayeed Al-Aidid dan Daniel S. Pamungkas, œSistem Pengenalan Wajah dengan Algoritma Haar Cascade dan Local Binary Pattern Histogram, Jurnal Rekayasa Elektrika Vol. 14, No. 1, 2018.
[6] Rakhmad Kuswandhiea, Jufriadif Naamb, Yuhandric, œPengukuran Tinggi Sebenarnya Objek pada Foto Digital Menggunakan Euclidean Distance, Jurnal Universitas Putra Indonesia Vol. 2, 2018.
[7] Wisnu, Ajhi. Susanto, Adhi. Soesanti, Indah, œPengukur Baju Via Webcam Dengan Labview, Jurnal Penelitian Teknik Elektro, Vol. 3 No. 4, 2010.
[8] Abolfazl Davodi Roknabadi, Masoud Latifi, Siamak Saharkhiz and Hamed Aboltakhty, œHuman Body Measurement System In Clothing Using Image Processing, Jurnal Department of Textile Engineering, Science and Research Branch, Islamic Azad University, Tehran, Iran Department of Textile Engineering, Textile Research and Excellence Centers, Amirkabir University of Technology, Tehran, Iran Young Researchers Club, Science and Research Branch, Islamic Azad University, Tehran, Iran. Vol 19, No. 112-119, 2012.
[9] Wisnu, Ajhi. Susanto, Adhi. Soesanti, Indah, œPengukur Baju Via Webcam Dengan Labview, Jurnal Penelitian Teknik Elektro, Vol. 3 No. 4, 2010.

Downloads

Published

2020-02-26

Issue

Section

Articles
Abstract views: 348 , PDF Downloads: 569