Pengembangan Perangkat Pembelajaran Water Flow Control dalam Mata Kuliah Sistem Kontrol Proses di Jurusan Teknik Elektro UNESA

Authors

  • Yulia Fransisca Universitas Negeri Surabaya
  • Rifqi Firmansyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/inajeee.v2n1.p12-16

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan membuat perangkat pembelajaran dan jobsheet pada mata kuliah sistem kontrol proses. Selain untuk membuat perangkat juga untuk menguji kelayakan dan respon mahasiswa terhadap hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) terdiri dari sepuluh langkah-langkah, akan tetapi kami hanya melakukan hingga tujuh tahapan saja berikut: 1) analisis potensi dan masalah, 2) perencnaan, 3) pengembangan produk awal, 4) validai produk awal, 5) revisi produk awal, 6) uji coba produk, dan 7) analisis dan pelaporan. Variable yang digunakan dalam yaitu laju aliran air. Untuk menguji tingkat kelayakan perangkat pembelajaran dan jobsheet, di dapatkan dari penilaian dosen yaitu tiga dosen FT UNESA sepuluh mahasiswa sistem kontrol dan instrumentasi angkatan 2016. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, penilaian terhadap perangkat untuk keseluruhan sangat baik dengan penilaian 88,33% dan penilaian jobsheet untuk sangat baik dengan penilaian 89,33%. Respon mahasiswa dinyatakan baik dengan penilaian 83,66%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasannya perangkat dan jobsheet  cocok diaplikasikan sebagai media ajar pada mata kuliah sistem kontrol proses.

Downloads

Published

2019-05-23

Issue

Section

Articles
Abstract View: 179