BENTUK GERAK TARI KIPAS CHANDANI DI SANGGAR SASTRA MATAYA SUNGAI PINANG KECAMATAN RAMBUTAN

Main Article Content

Susi Adela
Hasan

Abstract

Tari Kipas Chandani adalah tari kreasi baru yang ada di sanggar Sastra Mataya Sungai Pinang Kecamatan Rambutan, yang diciptakan pada proses pertama kali tahun 2019-2020, dimana tari ini diangkat dari dasar pemikiran melihat sosok perempuan-perempuan masa kini. Perempuan yang dengan jalan hidupnya masing-masing mampu tetap berdiri menjadi satu pribadi yang kuat, dan mempunyai dasar gerak sesuai dengan tema cerita yaitu kecantikan didalam kekuatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk gerak tari tersebut dengan menggunakan teori prinsip bentuk Y. Sumandiyo Hadi yang berisi  tujuh prinsip bentuk gerak. Penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat dari Tari Kipas Chandani menggunakan konsep Y. Sumandiyo Hadi yang berisi tujuh prinsip bentuk gerak diketahui bahwa yaitu kesatuan, pengembangan dan variasi, repetisi atau pengulangan, transisi dan perpindahan, rangkaian, perbandingan, dan klimaks.

Article Details

How to Cite
Adela, S., & Hasan. (2022). BENTUK GERAK TARI KIPAS CHANDANI DI SANGGAR SASTRA MATAYA SUNGAI PINANG KECAMATAN RAMBUTAN. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(2), 18–24. https://doi.org/10.26740/geter.v5n2.p18-24
Section
Articles

References

Hadi, Y. S. (2012). Koreografi (Bentuk, Teknik Isi). Yogyakarta: Cipta Media.

Hadi, Y. S. (2003). Aspek-Aspek Dasar Koreografi kelompok. Yogyakarta: eLKAPHI.

Irwansyah. (2021). Panduan Komposisi Dasar Tari Kreasi Berbasis FLIP HTML5 Terintegrasi Platform Video Online Pada Pembelajaran Seni Budaya di SMA. Gondang Vol.5 No.2.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: PENERBIT GAVA MEDIA.

Paputri, L. (2019). Analisis Bentuk Gerak Tari Putri Berias Di Sanggar Studio Lingga Kota Lubuk Linggau. Sitakara Vol.3 No.2

Rochayati, R. (2018). Gerak Perjalanan Dari Motif Ke Komposisi Tari. Sitakara Vol.3 No.1

Rochayati, R. (2020). Tari Kipas Chandani Gerak, Ruang dan Waktu. Geter vol.3 No.2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif , Dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

Sepriyanti, P. (2020). Bentuk Gerak Tari Kain Di Sanggar Dewan Kesenian Musi Rawas. Sitakara Vol.5 No.1.

Sundari, R. S. (2021). Eksotiseme Ragam Gerak Tari Dalam Kesenian Barongan Kusumojoyo Demak Sebagai Kesenian Pesisir. Unnes Vol.10 No.2.

Sustiawati, N. L. (2011 ). Kontribusi Seni Rari Nusantara dalam Membangun Pendidikan Multikultur. ISI Denpasar Vol.26 No.2.