PENGEMBANGAN LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wanda Dwy Rezka Universitas Negeri Jakarta
  • Otib Satibi Hidayat Universitas Negeri Jakarta
  • Rosinar Siregar Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p38-43

Keywords:

Penelitian dan Pengembangan, Lift The Flap Book, Multimedia Interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa Lift The Flap Book berbasis multimedia interaktif dalam pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat untuk kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Flap Book ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan kuisioner. Penilaian dilakukan dengan melibatkan tiga orang ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa, serta sebelas orang siswa kelas V SDN Bendungan Hilir 05 Pagi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan Lift The Flap Book berbasis multimedia interaktif untuk uji ahli materi mendapatkan persentase sebesar 76,9%, uji ahli media 97,2%, dan uji ahli Bahasa 70,5%. Persentase uji coba siswa untuk tahap One to One sebesar 97,5%, dan Small Group 88,4%. Lift The Flap Book berbasis multimedia interaktif ini dinilai sangat layak, sehingga dapat digunakan oleh siswa dalam pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat kelas V Sekolah Dasar.

References

Handayati Tri. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Suplemen History Of Mathematics. Banyumas: Pena Persada.

Kurniawan, Riza Yonisa. 2016. Identifikasi Permasalahan Pendidikan di Indonesia Untuk Meningkatkan Mutu Dan Profesionalisme Guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII.

Lubis, Maulana Arafat. 2020. Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Di SD/MI: Peluang Dan Tantangan Di Era Industri 4.0. Jakarta: Kencana.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1.

Riyanto, slamet. Hatmawan, Aglis, Andhita.2020 Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen (Yogyakarta: Deepublish).

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Widodo, Heri. (2015). Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Cendekia Vol. 13 No. 2.

Yusuf, A Muri. (2015). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi Dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Rezka, W. D., Hidayat, O. S., & Siregar, R. (2022). PENGEMBANGAN LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal, 2(2), 38–43. https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p38-43
Abstract views: 199 , PDF Downloads: 214