RANCANG BANGUN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF PADA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN DI KELAS V SD

Authors

  • Syifa Umi Hunafa SDN Maruyung I
  • Novi Yanthi Universitas Pendidikan Indonesia
  • M. Ridwan Sutisna Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p8-21

Keywords:

D&D Research, Pengembangan Power Point interaktif, Zat Tunggal dan Campuran

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana hal tersebut dapat dijadikan sebagai perantara untuk lebih memaksimalkan proses pembelajaran khususnya yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran digital. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendesain dan mengembangkan media pembelajaran Power Point interaktif dalam konten pelajaran IPA di SD kelas V yaitu mengenai zat tunggal dan campuran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian D&D (Design and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation). Produk media pembelajaran Power Point interaktif yang sudah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil kedua validasi tersebut menunjukkan bahwa dari segi media dinyatakan “layak” untuk digunakan dan dari segi materi dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan. Sementara pada tahap implementasi, media pembelajaran Power Point interaktif pada zat tunggal dan campuran diujicobakan terhadap guru dan siswa kelas V SD. Hasil keduanya menunjukkan bahwa media pembelajaran tersebut dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan pada proses pembelajaran IPA di kelas V, khususnya pada materi zat tunggal dan campuran.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). PEMBELAJARAN LITERASI Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Andriani, M. R., & Wahyudi. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS 2 SDN BERGAS KIDUL 03 KABUPATEN SEMARANG. Scholaria, 6(1), 143–158.

Anisah, S. (2019). Mau Jadi Guru Milenial? Yuk Buat Media Pembelajaran Berbasis Android. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI.

Arsyad, A. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN. Depok: Raja Grafindo Persada.

Astawan, I. G., & Agustina, I. G. A. T. (2020). Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Era Revolusi 4.0. Bali: NILACAKRA.

Darmadi, H. (2013). Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Djaali. (2008). Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama.

Elias, T. (2011). Universal Instructional Design Principles for Mobile Learning. Athabasca University Press (AU Press), 12(2), 144–156. https://doi.org/10.19173/irrodl.v12i2.965

Garini, A. W., Respati, R., & Mulyadiprana, A. (2020). Penggunaan Media berupa Digital pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 186–191.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ABAD 21: KEPEMIMPINAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA SD/MI. MAGISTRA, 10(1), 26–50.

Hisbullah, & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar: Penerbit Aksara Timur.

Irfan, Muhiddin, & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 17–27.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Musahrain, Suryani, N., & Suharno. (2017). Pengaplikasian Mobile Learning sebagai Media dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret, 125–131.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Novita, D., & Hutasuhu, A. R. (2020). PLUS MINUS PENGGUNAAN APLIKASI-APLIKASI PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. ResearchGate.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Bab IV tentang Pedoman Umum Kegiatan Pembelajaran. (2013). Kemdikbud RI.

Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. (2018).

Putri, F. A. B., & Rezkita, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GONDOLAYU. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3), 684–693.

Riana, C. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta Pusat: KEMENAG RI.

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2010). DESIGN AND DEVELOPMENT RESEARCH. New York: Taylor & Francis Group.

Rosyid, Moh. Z., Sa’diyah, H., & Nanda, S. (2020). Ragam Media Pembelajaran Visual, Audio Visual, Interactive Video, Powerpoint, E-Learning. Malang: Literasi Nusantara.

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Samsinar. (2020). Mobile Learning: Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al Gurfah: Journal of Primary Education, 1(1), 41–57.

Septiani, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7–17.

Setyosari, P. (2012). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmanasa, E., Novita, L., Sundari, F. S., & Suryanti, Y. (2020). Power Point Slide Media in 2013 Curriculum Learning for Elementary School Students. Jurnal of Community Engagement, 2(1), 19–24.

Suradika, A., Gunadi, A. A., & Jaya, S. A. (2020). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An—Nizomiyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wati, E. R. (2017). Ragam Media Pembelajaran Visual, Audio Visual, Komputer, Powerpoint, Internet, Interactive Video. Jakarta: Kata Pena.

Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Budi Utama.

Wijayanti, W., & Relmasira, S. C. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77–83.

Published

2022-10-19

How to Cite

Umi Hunafa, S., Yanthi, N., & Sutisna, M. R. (2022). RANCANG BANGUN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF PADA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN DI KELAS V SD. Educational Technology Journal, 2(2), 8–21. https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p8-21
Abstract views: 467 , PDF Downloads: 578