KESULITAN BELAJAR INTERNAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAMBORO

Authors

  • Manggu Ngguna Raji Universitas Flores
  • Fransiskus Korosando Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p44-53

Keywords:

Kesulitan Belajar Internal, Peserta Didik, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan belajar internal peserta didik menggunakan survei terhadap 30 responden secara purposive. Data sangket dan dokumentasi dianalisis secara statistik deskriptif. Analisis data menunjukkan peserta didik berkesulitan belajar secara; fisiologik 61,7%, inteligensi 58,3%, bakat 50%, minat 51,7%, motivasi 91,7%, kesehatan mental 54,2%, learning difabilities 56,3%, slow learner 59%, distractibility child 56,7%, poor self concept 60%, impulsive 53,3%, distractive behavior 56,7%, sosial interception 62,5%. Rata-rata setiap peserta mengalami gangguan secara internal sebesar 38,17. kesimpiulannya semua indikator kesulitan belajar internal dalam penelitian ini dimiliki peserta didik. Saran, perlu tindakan prefentif, kuratif secara kolaboaratif untuk mengatasinya.

References

Eni Fariyatul Fahyuni, &. I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar Kunci Sukses Guru Dan Peserta Didik Dalam Interaksi Edukatif. Sidoarjo: Nizamia Learning Centre.

Hasibuan, E. D. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematikamateri Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 06, No. 02, Juli, 1449-1460.

Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. Jurnal Edukasi, 39-40.

Jayadi, Setiani, F., & Khotimah, K. ( 2018 ). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Iswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan Vol 6, No 2, 63 - 70.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini Dan Anak Usia Sekolah. . Bogor: : Penerbit Ghalia Indonesia.

Muhsin, A. K. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal EAJ 8 (2) , 797-813.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogayarta : Nuha Litera.

Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group.

Suwarto. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 285 - 294.

Suyanto. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep Teknik Otomotif Di Smkn 1 Trenggalek. Jurnal Pendidikan Profesional Volume 5, No. 1, April, 290 - 301.

Wardani. (1991). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Perbaikan Belajar. Jakarta: Ditjen Binbaga Islam dan Universitas Terbuka.

Published

2022-10-19

How to Cite

Raji, M. N., & Korosando, F. (2022). KESULITAN BELAJAR INTERNAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAMBORO. Educational Technology Journal, 2(2), 44–53. https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p44-53
Abstract views: 232 , PDF Downloads: 237