PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL TANAMAN HIAS BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD

Authors

  • Rahmi Fadhilah Universitas Negeri Jakarta
  • Yetty Auliaty Universitas Negeri Jakarta
  • Prayuningtyas Angger Wardhani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p29-37

Keywords:

Ensiklopedia Digital, Tanaman Hias, Sumber Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan ensiklopedia digital tanaman hias berbasis kontekstual sebagai sumber belajar tambahan dalam pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Uji coba validasi produk melibatkan tiga orang ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan uji coba produk kepada siswa kelas IV SDN Gunung Sahari 01 Pagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil validasi ahli materi 85%, ahli media 100%, dan ahli bahasa 93.18%. Rata-rata hasil validasi  ketiga ahli tersebut adalah 92.73%. Hasil uji coba produk one to one dengan nilai 92.81%, uji coba small group 91.41%, dan uji coba field test 95.5%. Dengan demikian menunjukkan bahwa ensiklopedia digital tanaman hias termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar tambahan dalam pembelajaran IPA Kelas IV sekolah dasar.

References

Aziz, K., Wiharto, M., & Saenab, S. (2018). Ensiklopedia Digital Tumbuhan Tingkat Tinggi Dengan Fitur QR Qode Sebagai Sumber Belajar Dunia Tumbuhan. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1(2), 119. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/btl.v1i2.8178

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–36. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press.

Faridah, L. A. (2014). Pengembangan Ensiklopedia Dan LKS Invertebrata Laut Untuk Pembelajaran Biologi. Journal BioEdu, 3(3), 580–588.

Fatimah, N. (2019). Pengembangan Ensiklopedia digital tanaman hias di Pasty (Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta) Pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati untuk Siswa Kelas X Sma/Ma. 0274, 86.

Fitria, G. (2017). Nama-Nama Tanaman Hias yang dijual di Lubuk Minturun (Analisis Leksikosemantik). Doctoral Dissertation, 2. http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29588

Majanah. (2019). Pemanfaatan Tanaman Hias Sebagai Obat Tradisional. Jurnal Jeumpa, 6(1), 210. https://doi.org/https://doi.org/10.33059/jj.v6i1.1750

Mudlofir, A., Fatimatur, E., & Rusydiyah. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. (2014). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Rosdakarya.

Nisa, E. C. (2015). ntegrasi Tema Pragmatik Dengan Nilai Keislaman Pada Perangcangan Arboretum Tanaman Hias di Kota Batu. Jurnal Arboretum Tanaman Hias Di Kota Batu, 2.

Noviar, D., & Sulistiyawati. (2013). Pengembangan Ensiklopedi Ipaterpadu Berbasis Potensi Lokal Sebagai Bahan Ajar Mandiri Bagi Siswa Sd/Mi. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi UNS, 11(1), 1062.

Nurhatmi, J., Rusdi, M., & Kamid. (2015). Pengembangan Ensiklopedia Digital Teknologi Listrik Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Edu-Sains, 4(1), 42. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v4i1.2367

Prasetyo, A. (2015). Ensiklopedia Komputer Digital Berbasis Multimedia. Skripsi, 1–87. http://eprints.uny.ac.id/16158/

Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana.

Rahmawati, G. (2012). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan Sekolah Di SMAN 3 Bandung. EduLib, 5(1), 102–113.

Sugiarto, & Chyntia, F. (2012). Pembuatan Ensiklopedia Digital Ensiklopedia Negara untuk Anak Kelas IV-VI Sekolah Dasar. Undergraduate Thesis, iii. https://doi.org/http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227720

Sumadi; Evita Anggereini; Upik Yelianti. (2017). Pengembangan Ensiklopedia Digital Hewan Vertebrata Berbasis Android Studio 2.2 untuk Kelas X SMAEdu-Sains Volume 6 No. 2, Juli 2017. 6(2), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v6i2.6871

Tohardi, A. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial+ Plus. University Press.

Wahab, A., Susidamaiyanti, Ramadana, Nikmah, S. Z., Wibowo, S. E., Indianasari, Syafruddin, Putriawati, W., & RamdhayaniEryuni. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.co.id/books?id=pdM6EAAAQBAJ&pg=PA1&dq=Marlina+dkk,+Pengembangan+Media+Pembelajaran+SD/MI&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwiX0ojfyZzyAhUKVH0KHfA7BKoQ6AEwAHoECAcQAg

Yanti, F., & Widya, I. (2020). Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi sains. Deepublish.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Fadhilah, R., Auliaty, Y., & Wardhani, P. A. (2022). PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL TANAMAN HIAS BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD. Educational Technology Journal, 2(2), 29–37. https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p29-37
Abstract views: 756 , PDF Downloads: 696