PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SLIDE PADA MUATAN IPS MATERI SIKAP KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dinda Ajeng Ayu Lestari Universitas Negeri Jakarta
  • Yustia Suntari Universitas Negeri Jakarta
  • Dudung Amir Soleh Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p54-65

Keywords:

Multimedia Interaktif, Google Slide, Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah multimedia interaktif google slide pada materi Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah, yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan merupakan kuisoner. Penilaian produk media dilakukan oleh tiga ahli, yaitu: ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan uji coba peserta didik. Hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 92%. Penilaian oleh ahli media memperoleh skor 86,66%, dan Penilaian oleh ahli bahasa memperoleh skor 92%. Hasil validasi penilaian ahli mendapatkan skor kelayakan produk sebesar 90% sehingga mendapatkan kategori sangat baik. Pada uji coba one to one memperoleh skor 93,33%. Dan dalam uji coba small group memperoleh skor 96,66%. Hasil rerata skor presentase kelayakan yang diperoleh pada tahap uji coba peserta didik sebesar 95% sehingga produk masuk ke dalam kategori sangat baik. Sehingga multimedia interaktif ini layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran IPS materi Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme kelas IV Sekolah Dasar.

References

Basori, M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Education. JPDN (Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara), 2(1), 230238.
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Ferry Aristya, Ayatullah Muh Al Fath, Z. K. M. (2017). Nilai Kepahlawanan Dalam Pembelajaran Ips Sekolah Dasar Studi Konseptual. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayan Jawa, 154166. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9070/15.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Ginanjar, A. (2016). Penguatan Peran Ips Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Jurnal Harmony, 1(1), 118126. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/15134/8212
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi. Jurnal At-Taqaddum, 8, 2146.
Hasanudin M.Pd, C. (2017). Media Pembelajaran¯: Kajian Teoretis dan Kemanfaatan (pertaama). DEEPUBLISH.
Herawan, I. (2019). Metodelogi Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method. Hidayatul Quran kuningan.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Kartika Rini, D., Suryaman, & Yoso, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Kahoot Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Kab. Pasuruan. Jurnal Education and Development, 7(2), 261267. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1017
M, E. (n.d.). What Are Pear Deck Slide? Pear Deck Knowledge Base. Retrieved February 8, 2021, from https://www.peardeck.com/googleslides
Malawi, I., & Maruti, E. S. (2016). Evaluasi Pendidikan. Media Grafika.
N, S. Y. L., & Sugandhi, N. M. (2018). Perkembangan Peserta Didik: Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) Bagi Para Mahasiswa Calon Guru di Lembaga Pendidikan tenaga Kependidikan (LPTK) (1st ed.). PT RaraGrafindo Persada.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Oktaliana, A., Cahaya, G., Anggraini, D., Letkol, J., Suratmin, H. E., Bandar, S., Telp, L., Letkol, J., Suratmin, H. E., Bandar, S., & Telp, L. (2019). GOOGLE SLIDE DAN QUIZIZZ DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF ( BAEI ) MATEMATIKA Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Intan Lampung Program Studi Sains Aktuaria ITERA Lam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 9(2). http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/14548/pdf_8
Pakpahan, A., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., & Muhamad Zulfikar Mansyur, La Ili, Bonaraja Purba, Dina Chamidah, Fergie Joanda Kaunang, Jamaludin, A. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (Pertama). Yayasan Kita Menulis.
Purnamasari, S. (2019). Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis Google slide Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran), 3743. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7410
Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives¯: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702
Sandjaja, S. S., Syahputra, Y., & Erwinda, L. (2020). Validasi skala penilaian instrumen perencanaan karier menggunakan Andrich Threshold. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 105117. https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.3310
Sanjani, M. A. (2019). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Seruni Administrasi Pendidikan, 8(2), 4045. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/199
Suandi, A., Dwi, P., & Pamungkas, A. (2019). Multimedia interaktif pembelajaran ips kelas 7 berbasis android pada mts al-wasliyah jakarta timur. (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 04, 6677.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It. Sejarah Dan Budaya¯: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 186196. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186
Vindaswari, R. F., & Ulfah, A. (2018). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Nilai-Nilai Kepedulian Bagi Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1.3, 148160.

Published

2021-10-12

How to Cite

Lestari, D. A. A., Suntari, Y., & Soleh, D. A. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SLIDE PADA MUATAN IPS MATERI SIKAP KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal, 1(2), 54–65. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p54-65
Abstract views: 894 , PDF Downloads: 1024