PENGEMBANGAN BUKU AUDIO DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fachrurrozi Fachrurrozi Universitas Negeri Jakarta
  • Nidya Chandra Muji Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Riska Aldian Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p17-31

Keywords:

Buku Audio Digital, Membaca Permulaan, Membaca, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa buku audio digital sebagai media pembelajaran membaca permulaan untuk kelas I Sekolah Dasar. Produk ini dikembangkan karena masih sedikitnya media membaca yang menggunakan audio serta gambar ilustrasi yang menarik dalam pembelajaran membaca permulaan. Adapun pengembangan buku audio digital ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan model penelitian pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Terdapat dua tahap analisis, yaitu tahap expert review dan tahap uji coba. Hasil penelitian memeroleh 89% validasi ahli media 97,5% ahli Bahasa dan 98% dari ahli materi. Rerata skor presentase kelayakan yang diperoleh pada tahap expert review sebesar 95%. Tahap uji coba mendapatkan rata-rata kelayakan produk 95% pada uji coba one to one, 99% pada uji coba small group dan 98% pada uji coba field test. Hasil rerata skor presentase kelayakan yang diperoleh pada tahap uji coba sebesar 97% sehingga produk masuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan siswa dapat menggunakan buku audio digital sebagai media pembelajaran membaca permulaan

References

Adnan, E. (2016). Perkembangan Peserta Didik. UNJ Press.
Alam Khalif, Syah, Hunafa Lestasi, R. (2019). No Title. Pengembangan Kemampuan Bahasa Resptid Anak Usia Dini Dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris Melalui Flash Card. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/301
Bhakti, F. B. (2018). Developing illustrated story books to improve beginning reading skills and learning motivation. Jurnal Prima Edukasia. https://pdfs.semanticscholar.org/72ea/16caa57955356e4465a0c300ad97828e4a3c.pdf
Cecep Kustandi, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
Desideria, B. (2019). Masuk SD tidak boleh ada tes calistung. https://www.liputan6.com/health/read/3897797/kemendikbud-masuk-sd-tak-boleh-ada-tes-calistung
Hartell, A. W. (2018). Audio Books Impact On Students Reading Experiences. University of South Carolina. https://scholarcommons.sc.edu/etd/4925/
Permendikbud, (2016). https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_24_16.pdf
Permendikbud, Pub. L. No. 14 (2018). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor14.pdf
Khasanah, U. (2020). Pengantar Microteaching. Deepublish.
Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Deepublish.
Muh Fitrah, L. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV Jejak.
National Research Council. (2020). Belajar Lewat Mendengarkan. https://www.audiobuku.com/belajar-lewat-mendengarkan-dunia-digital
Novellia Adelina, Yun Kusumawati, L. A. (2017). Buku Guru Tema 2. Kemementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Novellia Adellina, Yun Kusumawati, L. A. (2017). Buku Siswa Tema 2 Kegemaranku. Kemementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nugroho, E. (2018). Prinsip-Prinsip Menyusun Kuesioner. Universitas Brawijaya.
Rasto. (2020). Pengertian Tujuan dan Proses Membaca Permulaan.
Sagita K, Apri Damai, B. Widharyanto, Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD. Media Maxima.
Sudarto, Farida Nugrahani, H. A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Media Audio Visual Berbasis Powerpoint untuk Menumbuhkan Minat Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Universitas Bangun Nusantara. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/stilistika/article/view/615
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Taufina, F. (2016). Mozaik Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Aperesiasi Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Angkasa.
Yusfina Hendrifiana, Panca Ariguntar, L. A. (2017). Buku Siswa Tema 1 Diriku. Kemementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Published

2021-10-12

How to Cite

Fachrurrozi, F., Utami, N. C. M., & Aldian, R. (2021). PENGEMBANGAN BUKU AUDIO DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal, 1(2), 17–31. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p17-31
Abstract views: 701 , PDF Downloads: 346