PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ALAT INDRA PENDENGARAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MUATAN IPA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yetty Auliaty Universitas Negeri Jakarta
  • Rosinar Siregar Universitas Negeri Jakarta
  • Novi Alawiyah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p31-42

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Literasi, Sains

Abstract

 

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis literasi sains pada muatan IPA dengan materi Alat Indra Pendengaran untuk kelas IV Sekolah Dasar. Dengan tujuan dapat memperkenalkan dan menumbuhkan kemampuan literasi sains saat usia Sekolah Dasar. Pengambilan sampel menggunakan validasi produk dengan pengisian kuesioner sebanyak 3 orang peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Uji coba didik kelas IV Sekolah Dasar yang berdomisili dekat dengan peneliti, dikarenakan masih dalam keadaan pandemi Covid – 19. Hasil penelitian oleh ahli media sebesar 94.25%, ahli materi sebesar 97.6%, dan ahli bahasa sebesar 96.6%. Hasil uji coba pengguna mendapatkan nilai rata – rata sebesar 98%. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif terkategorikan sangat baik dan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran muatan IPA kelas IV Sekolah Dasar

References

Atapukang. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Ejournal Undiksha, 17(2), 4552. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKG/article/view/9027/5834
Fibonacci, A. (2020). LITERASI SAINS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA (I). INSAN CENDEKIA MANDIRI.
Galih, Y. S. (2019). Jurnal Evolusi Volume 7 No 1 Maret 2019. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 7(1), 5974.
Julie, H., Sanjaya, F., & Anggoro, A. Y. (2014). Programme for International Students Assasment (PISA): Pembahasan proses penyelesaian dan contoh penyelesaian guru, mahasiswa pendidikan matematika, dan siswa (I). Deepublisher.
OECD. (2015). PISA 2015 Framework. In Oecd (Issue March 2015). https://doi.org/10.1177/0022146512469014
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 3442. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612
Siregar, H. F., & Melani, M. (2019). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Usman, H. (2019). Pelatihan Media Pembelajaran Flashcard Media Berbasis Hots Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ciputat. Prosiding Pengabdian. https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/prosiding-pengabdian/article/view/177
Windyariani, S. (2019). PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKS DAN KREATIVITAS (STRATEGI UNTUK MEMBELAJARKAN SAINS DI ABAD 21) (I). Deepublisher.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa Smp Pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 6673. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762

Published

2021-10-12

How to Cite

Auliaty, Y., Siregar, R., & Alawiyah, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ALAT INDRA PENDENGARAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MUATAN IPA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal, 1(2), 31–42. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p31-42
Abstract views: 943 , PDF Downloads: 1142