MODEL PEMBELAJARAN DEMOCRACY CARD
DOI:
https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p50-61Keywords:
Model Pembelajaran DC, Antusias, MenyenangkanAbstract
Model pembelajaran Democracy Card (DC) berdasarkan posisi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran, menggunakan konsep guru dibelakang. Guru sengaja membiarkan peserta didik mengambil bagian lebih besar untuk merancang kegiatan sendiri, melakukan sendiri dan menyimpulkannya sendiri atau dapat dikatakan skenario pembelajaran dari, untuk dan oleh peserta didik sendiri didominasi kegiatan mulai individual dalam beberapa menit, kegiatan kelompok kecil lalu kegiatan kelas dengan mengembangkan kreativitasnya semaksimal mungkin, dan kemudian hasilnya dipajang dipapan tulis. Semua berpusat kepada peserta didik. Guru hanya memberikan fasilitas berupa lem kertas untuk menempel kartu soal di whiteboard. Kegiatannya berbasis aktifitas dan kreatifias menumbuhkan antusiasme berkaitan dengan berebut menjawab pertanyaan, menumbuhkan sikap konsekwen, adil, toleransi sehingga tercapai proses pembelajaran dengan suasana belajar menarik, rileks dan menyenangkan bagi peserta didik.
References
Agus, S. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta: Pustaka Belajar
Jihad, A. & Haris, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Pressindo
Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E (2009). Model of teaching; model-model pengajaran. (edisi delapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud
Kemdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud
Kunandar. (2007). Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Skses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saud, U.S. (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suparlan. (2008). Membangun Sekolah Efektif. Jogjakarta: Hikayat Publishing.
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.