MODEL PEMBELAJARAN DEMOCRACY CARD

Authors

  • Endang Suasaningdyah SMPN 33 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p50-61

Keywords:

Model Pembelajaran DC, Antusias, Menyenangkan

Abstract

 

Model pembelajaran Democracy Card (DC) berdasarkan posisi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran, menggunakan konsep guru dibelakang. Guru sengaja membiarkan peserta didik mengambil bagian lebih besar untuk merancang kegiatan sendiri, melakukan sendiri dan menyimpulkannya sendiri atau dapat dikatakan skenario pembelajaran dari, untuk dan oleh peserta didik sendiri didominasi kegiatan mulai individual dalam beberapa menit, kegiatan kelompok kecil lalu kegiatan kelas dengan mengembangkan kreativitasnya semaksimal mungkin, dan kemudian hasilnya dipajang dipapan tulis. Semua berpusat kepada peserta didik. Guru hanya memberikan fasilitas berupa lem kertas untuk menempel kartu soal di whiteboard. Kegiatannya berbasis aktifitas dan kreatifias menumbuhkan antusiasme berkaitan dengan berebut menjawab pertanyaan, menumbuhkan sikap konsekwen, adil, toleransi sehingga tercapai proses pembelajaran dengan suasana belajar menarik, rileks dan menyenangkan bagi peserta didik.

References

Agus, S. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta: Pustaka Belajar

Jihad, A. & Haris, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Pressindo

Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E (2009). Model of teaching; model-model pengajaran. (edisi delapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud

Kemdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud

Kunandar. (2007). Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Skses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saud, U.S. (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. (2008). Membangun Sekolah Efektif. Jogjakarta: Hikayat Publishing.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published

2021-04-08

How to Cite

Suasaningdyah, E. (2021). MODEL PEMBELAJARAN DEMOCRACY CARD. Educational Technology Journal, 1(1), 50–61. https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p50-61
Abstract views: 104 , PDF Downloads: 569