PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK STAD MELALUI PAPAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DAN HASIL BELAJAR FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p1-10Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, STAD, Media Papan MonopoliAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( classroom action research ) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Cerme di kelas XI A3 dengan jumlah siswa 34 siswa,13 laki-laki dan 21 perempuan. Prosedur PTK ini meliputi tiga siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dan dianalisis dengan cara sebagai berikut, (1) dari instrument lembar observasi siswa akan diperoleh partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, (2) dari instrument angket siswa akan diperoleh data tentang respon siswa terhadap penerapan strategi kooperatif teknik STAD melalui media papan monopoli, (3) dari instrument lembar soal akan diperoleh data penguasaan materi Hukum gravitasi Newton. Hasil analisis didapat hasil belajar siswa meningkat. Siklus I (73,5%), siklus II (82,35%), siklus III (94%). Kesimpulannya penerapan strategi pembelajaran kooperatif teknik STAD melaui media papan monopoli dapat meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hukum gravitasi Newton pelajaran Fisika.
References
Budimansyah, D. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Bandung : Genesindo.
Jatmiko, B.dan Rachmawati , F. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Depdiknas
Nur,M. (2000). Strategi-strategi Belajar. Surabaya : Unesa University Press.
Nur,M. (2004). Strategi-strategi Belajar edisi 2. Surabaya : Unesa University Press.
Roetiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineke Cipta.
Sukidin dkk.2002. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya : Insan Cendekia.
Sadiman, A. (2009). Media Pendidikan.Jakarta : P.T Raja Grafindo Persada.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Wardhani, IGAK. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.