PENGEMBANGAN BAHAN DARING MATA KULIAH DESAIN PESAN BAGI MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Authors

  • Utari Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Alim Sumarno Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p11-18

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Bahan Ajar Daring mata kuliah Desain Pesan dengan menggunakan fasilitas vi-learning yang telah disediakan oleh Universitas Negeri Surabaya. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D Model oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974). Tahapan pengembangan meliputi define, design, develop, desiminate. Pada setiap tahap dilakukan evaluasi dan revisi dengan tujuan melihat hasil tahapan pengembangan yang ditujukan untuk melakukan tahap selanjutnya. Dari hasi validasi ahli materi dan ahli media didapatkan data masing –masing 87,5% dan 85,7%, sehingga bahan ajar daring layak digunakan. Sedangkan uji coba pengguna didapatkan data berdasarkan aspek tampilan menunjukkan prosentase 50% dengan kriteria cukup dan kualifikasi cukup layak, aspek penyajian materi menunjukkan prosaentase 85,4% dengan kriteria sangat baik dan kualifikasi sangat layak dan aspek manfaat menunjukkan prosaentase 95,8% dengan kriteria sangat baik dan kualifikasi sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar daring mata kuliah desain pesan dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

References

Borg, W.R., Gall, M.D., & Gall, J.P., (2003). Educational research. An introduction (7thed.). New York: Longman.

Budiningsih, A., (2004). Karakteristik siswa. Bahan Ajar Kuliah: Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasNegeri Yogyakarta.

Degeng, I.N.S. (1989). Ilmu Pengajaran: Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud.

Degeng, I.N.S. (1999). Rancangan Pembelajaran: Teori dan Teknik Pembelajaran. Malang: Universitas Kristen Cipta Wacana.

Degeng, I.N.S. (2008). Desain Pembelajaran: Menuju Pribadi Unggul Lewat Perbaikan Kualitas Belajar Mengajar. Surabaya: PPS, TEP Univesitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Degeng, I.N.S. (2008). Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Bahan kuliah tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dick, Carey. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collin Publisher.

Dwiyogo, W.D. (2008. Aplikasi Teknologi Pembelajaran: Pengembangan Media Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Fleming, M. (1981). Istructional Message Design. Indiana University.

Greene, H. dan W.T. Petty., (1971).Developing Language Skill in the Elementary Schools. Boston: Allyn and Bacon,Inc

Harijanto, M. (2007). Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar. Didaktika, 2 (1): 216-226.

Hartley, J. (1985). Designing Instructional Text (2nd Ed.). London: Kogan Page.

Hartley, J. (2004). Designing Instructional and Informational Text. Dalam Jonassen, D.H. (Ed). Handbook of Research on Educational Communications and Technology (2nd Ed.) London: Lawrence Erlagaum Associates.

Hitipeuw, I. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Panen, P. & Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rakhmad, J. (1994). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setyosari, P. & Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Slavin, R.E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice (8th Ed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, M.A. (2012). Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

The Joint Committee. (1981). Standards for Evaluation of Educational Program, Project, and Materials. New York: Mc Graw-Hill Books Company.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., and Semmel, M.I., (1974).Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Childreen.Leadership Training Institute/Special Education. Minnesota: University of Minnesota, Minneapolis.

Published

2021-04-08

How to Cite

Dewi, U., Khotimah, K., & Sumarno, A. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN DARING MATA KULIAH DESAIN PESAN BAGI MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Educational Technology Journal, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p11-18
Abstract views: 482 , PDF Downloads: 429