Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dan SD melalui Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Permainan Edukatif
Keywords:
Kompetensi, Guru, PAUD, SD, Strategi Layanan, Bimbingan dan Konseling, Permainan EdukatifAbstract
Guru PAUD dan SD memiliki peran penting dalam membentuk perkembangan sosial-emosional serta keterampilan kognitif anak. Namun, banyak guru masih menghadapi kendala dalam mengimplementasikan layanan bimbingan dan konseling yang menarik dan efektif. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat diterapkan adalah bimbingan dan konseling berbasis permainan edukatif, yang memungkinkan siswa belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan 1) Pemahaman terkait konsep dasar layanan Bimbingan dan Konseling bagi Guru PAUD dan SD, 2) kemampuan guru dalam memberikan layanan BK Secara efektf melalui permainan edukatif, 3) Integrasi layanan BK untuk mendukung tumbuh kembang siswa. Kegiatan ini diikuti oleh 45 guru PAUD dan SD di Sulawesi Selatan dan dilaksanakan di Hotel Four Point Makassar melalui model workshop dengan metode Ceramah, diskusi dan role playing/simulasi. Pelatihan dimulai dengan pembukaan, pemaparan konsep, prinsip, ruang lingkup layanan BK bagi Guru PAUD dan SD, Simulasi pengembangan permainan edukatif, serta refleksi kelompok untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan peserta. Hasil pelatihan menunjukkan guru PAUD dan SD telah memahami terkait konsep dasar layanan Bimbingan dan Konseling bagi Guru PAUD dan SD, Guru sudah mampu merancang dan memberikan layanan BK Secara efektif melalui permainan edukatif serta guru mampu mengintegrasikan layanan BK untuk mendukung tumbuh kembang siswa di sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Akhmad Harum, Suciani Latif, Abdul Saman, Hasni Hasni, M. Fiqri Syahrir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

