Analisis Expectation Gap Untuk Tujuan Continuous Improvement: Study PPAk FEB UGM Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.26740/jaj.v9n2.p129-141Keywords:
kesenjangan harapan, perbaikan secara berkelanjutanAbstract
Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 25 Tahun 2014 tentang Akuntan Register Negara mengubah secara radikal tatanan Profesi Akuntan Indonesia. Peraturan yang ditetapkan dalam rangka menjaga kualitas profesi akuntan tersebut, menyeret lembaga pendidikan yaitu Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) yang berada dibawah Ikatan Akuntan Indonesia untuk merasakan dampak atas pelaksanaan peraturan tersebut. Penelitian ini dilakukan pada PPAk FEB UGM dalam rangka menganalisis adanya kesenjangan harapan antara mahasiswa dan pengelola terkait tindak lanjut pengelola dalam mengatasi dampak dari PMK Nomor 25 Tahun 2014. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Hasil analisis menyatakan adanya kesenjangan harapan mahasiswa terhadap pengelola maupun sebaliknya, serta tanggapan langsung dari organisasi profesi yang membawahi PPAK, yaitu IAI. Hasil penelitian ini juga membahas mengenai faktor-faktor penyebab adanya kesenjangan harapan dan bagaimana strategi yang dilakukan pihak pengelola untuk mengatasai kesenjangan tersebut.References
Bungin, M. Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Cohen Commision. 1978. Report, Conclusion, and Recommendation of the Commision on Auditors Responsibilities. American Institute of Certified Public Accountans. New York. NY.
Creswel, John.W. 2015.Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Creswel, J, W., dan Miller, D. L. 2000. Determining validity in qualitative inquiry.Theory into Practice. 39, 124-130.
Dai, J. 2007. Implement BPR and CPI to Optimize the Process of Getting Medicine in Pharmacy: a Comparison between Sweden and China.Vaxjo University.www.divaportal.org/vxu/undergraduate/abstract.xsql?dbid=1610, 21 Oktober 2016
Gaspersz, V. 2003.Total Quality Management. Hal 75-116. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Ikatan Akuntan Indonesia. http://iaiglobal.or.id/v03/tentang_iai/dsap . Diakses pada tanggal 17 Oktober 2016.Pukul 13.00 WIB.
Jackson, Marry Jo, et al. 2011. Quality as a gap analysis of college students expectation. Jurnal Intrernasional. USA
Kementerian Keuangan. https://www.change.org/p/kementrian-keuangan republik -indonesia-batalkan-pmk-no-25-pmk-01-2014-tentang-akuntan-beregister-negara-karena-bertentangan-dengan-uu-no-34-tahun-1954-dan-uu-no-2003-dan-menjadi-dasar-iai-melakukan-monopoli-dan-menekan-lulusan-ppa. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2016.Pukul 12.45 WIB.
Keputusan Mendiknas RI No.179/U/2001
Liggio, C. D. 1974. The Expectation Gap: The Accountants Waterloo. Journal of Contemporary Business. 3: 27-44
McKnight, Susan. 2009. Bridging the gap between servise provision and customer expectation. Jurnal Internasional. United Kingdom
Miles, M.B., and Huberman, A.M. (1994).Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods (edisi ke-2). Thousand Oaks, CA: Sage
Nurjanah, Pitri. 2015. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Mendaftar Ppak Sebagai Dampak Dari Peraturan Menteri Keuangan (Pmk) No.25/Pmk.01/2014. Skripsi. Universitas Diponegoro.
Rasmini, Ni Ketut. 2007. Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Keputusan Pemilihan Profesi Akuntan Publik dan Nonakuntan Publik pada Mahasiswa Akuntansi di Bali. Buletin Studi Ekonomi, Vol. 12, No. 3, h. 351-363.
Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 25
____________. 2001. Surat Keputusan (SK) Mendiknas No. 179
____________. 1954. Undang-Undang No/ 34/1954 tentang Pemakaian Gelar Akuntan
____________. 2003. Undang- Undang. No. 20 tetang Sistem Pendidikan Nasional.
Saktiyanto, Heri. 2014. Expectancy Teory: Studi Kasus: Pelaksanaan Training Sebagai Media Untuk Mewujudkan Harapan Karyawan di Suatu Perusahaan Jasa. Tesis.Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor. Bogor
Sampson, H. 2004. Navigating the waves: The usefulness of a pilot in qualitative research. Qualitative Research, 4, 383-402.
Silverman, D. 2005. Doing qualitative research: A practical handbook (edisi ke-2). London. Sage.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.
Snyder, C.R., dan Lopez, S.J. (2002). Handbook of Positive Psychology. New York: Oxford University Press. E-book.
Vidalita, Puput Ayu. 2015. Faktor-Faktor Yang Mendorong Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi Dan Chartered Accountant(Survei Pada Mahasiswa PPAk di Malang). Tesis.Universitas Brawijaya. Malang.
Yin, R. K. 2014. Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.